Hadiri Pertemuan EU-ASEAN, Jokowi ke Belgia Besok

Hadiri Pertemuan EU-ASEAN, Jokowi ke Belgia Besok

tribunwarta.com – Presiden Joko Wiodo akan bertolak ke Brussels, Belgia pada Selasa (13/12/2022).

Menurut Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Presiden akan menghadiri pertemuan Uni Eropa-ASEAN ( EU-ASEAN Summit) di Brussels.

“Betul (berangkat ke Brussels Selasa),” ujar Bey saat dikonfirmasi pada Senin (12/12/2022).

Indonesia resmi menjadi ketua ASEAN periode 2023.

Hal itu ditandai dengan penyerahan keketuaan dalam Upacara Penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-40 dan ke-41 ASEAN di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu (13/11/2022).

Secara simbolis, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menerima palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN.

Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia pun memiliki tugas baru.

Dilansir dari lama resmi ASEAN, negara anggota ASEAN yang ditunjuk menjadi ketua ASEAN wajib menjalankan beberapa tugas.

Pertama, wajib memimpin KTT ASEAN dan KTT terkait, Dewan Koordinasi ASEAN, tiga Dewan Komunitas ASEAN, Badan Kementerian Sektoral ASEAN terkait dan pejabat senior, serta Komite Perwakilan Tetap sebagaimana tertulis dalam Pasal 31 Piagam ASEAN.

Ketua ASEAN juga wajib secara aktif mempromosikan dan meningkatkan kepentingan dan kesejahteraan ASEAN, termasuk upaya membangun Komunitas ASEAN melalui inisiatif kebijakan, koordinasi, konsensus, dan kerja sama.

Selain itu, ketua ASEAN harus memastikan sentralitas ASEAN dan memastikan tanggapan yang efektif dan tepat waktu terhadap isu-isu mendesak atau situasi krisis yang mempengaruhi ASEAN, termasuk menyediakan jasa-jasa baiknya dan pengaturan lain yang semacam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!