Biden Sebut Putin ‘Sakit’, Siap Bicara Setop Perang

Biden Sebut Putin ‘Sakit’, Siap Bicara Setop Perang

tribunwarta.com – Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Rusia kian meruncing. Kali ini, Presiden AS Joe Biden menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin ‘sakit’.

Biden menggambarkan perang yang dikobarkan Putin di Ukraina ‘sakit’ dan mengatakan bahwa hanya ada satu cara rasional untuk mengakhiri perang di Ukraina, yakni Rusia menarik pasukannya dari negara tersebut.

“Tapi tampaknya dia tidak akan melakukan itu. Dia membayar harga yang sangat mahal karena gagal melakukannya, tapi dia menimbulkan pembantaian yang luar biasa, luar biasa pada penduduk sipil Ukraina. Mengebom tempat penitipan anak, rumah sakit, rumah anak-anak. Sungguh memuakkan apa yang dia lakukan,” kata Biden saat konferensi pers bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron di Gedung Putih, dikutip CNN International, Jumat (2/12/2022).

Biden menambahkan bahwa dia tidak memiliki rencana segera untuk menghubungi Putin, tetapi siap untuk berbicara dengan pemimpin Rusia itu jika dia tertarik untuk mencari cara mengakhiri perang.

“Dalam konsultasi dengan teman Prancis dan NATO saya, saya akan dengan senang hati duduk bersama Putin untuk melihat apa yang dia inginkan, yang ada dalam pikirannya. Dia belum melakukannya. Sementara itu, saya pikir sangat penting apa yang dikatakan Emmanuel [Macron]. Kita harus mendukung rakyat Ukraina,” tuturnya.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pembicaraan mereka, kedua pemimpin mengatakan berkomitmen untuk meminta pertanggungjawaban Rusia atas kekejaman yang didokumentasikan secara luas dan kejahatan perang, yang dilakukan baik oleh angkatan bersenjata regulernya maupun oleh proksinya di Ukraina.

“Mereka juga berjanji untuk mengoordinasikan keprihatinan mereka mengenai tantangan China terhadap tatanan internasional berbasis aturan, termasuk penghormatan terhadap hak asasi manusia dan untuk bekerja sama dengan China dalam masalah global penting seperti perubahan iklim,” kata pernyataan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!