Presiden Dewan Eropa akan lakukan kunjungan ke China

Presiden Dewan Eropa akan lakukan kunjungan ke China

tribunwarta.com – Atas undangan Presiden China Xi Jinping, Presiden Dewan Eropa Charles Michel akan berkunjung ke China pada 1 Desember mendatang, seperti diungkapkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China pada Senin (28/11).

“Ini merupakan pertemuan formal pertama antara para pemimpin China dan institusi Uni Eropa (UE) itu sejak Kongres Nasional Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) ke-20,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian dalam konferensi pers harian pada Senin, seraya menambahkan bahwa dalam kunjungan tersebut, Presiden Xi akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Michel.

Perdana Menteri China Li Keqiang dan Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) China Li Zhanshu juga akan menggelar pertemuan dengan Presiden Michel, ungkap Zhao. Para pemimpin kedua belah pihak akan melakukan pertukaran pandangan mendalam tentang hubungan China-UE serta isu-isu internasional dan regional yang menjadi kepentingan bersama, imbuhnya.

Zhao menyampaikan bahwa China sangat memandang penting pengembangan hubungannya dengan Eropa, serta bersedia memperkuat komunikasi strategis dan membangun konsensus dengan pihak Eropa melalui kunjungan tersebut, bersama-sama mempromosikan pengembangan hubungan yang berkelanjutan, sehat, dan stabil, serta menyuntikkan lebih banyak stabilitas ke dalam situasi internasional yang kompleks dan bergejolak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!