Piala Dunia: Warga Jepang Juga Minta Libur Nasional Usai Kalahkan Jerman

Piala Dunia: Warga Jepang Juga Minta Libur Nasional Usai Kalahkan Jerman

tribunwarta.com – Warga Jepang meminta libur nasional setelah tim Samurai Biru mengalahkan Jerman 2-1 di laga pertama penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 , Rabu (23/11/2022), seperti yang diterapkan Raja Salman di Arab Saudi.

Sebelumnya diberitakan, Raja Salman memberikan libur nasional di Arab Saudi setelah timnasnya secara mengejutkan mengalahkan Argentina, juga dengan skor 2-1, pada Selasa (22/11/2022).

Di Jepang, waktu sudah mendekati tengah malam ketika Takuma Asano mencetak gol kemenangan di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar.

Piala Dunia 2022 Qatar adalah edisi ketujuh beruntun yang diikuti Jepang di ajang empat tahunan tersebut

Bagi suporter Jepang usia tertentu, kemenangan lawan Jerman di Doha memupus kenangan buruk 29 tahun lalu di kota yang sama, ketika Samurai Biru hampir lolos ke Piala Dunia 1994 Amerika Serikat, tetapi gagal melaju akibat gol penyama kedudukan lawan mereka, Irak, di waktu tambahan.

Kemenangan lawan Jerman langsung memicu perayaan dadakan di perlintasan Shibuya yang ramai. Para suporter meminta PM Fumio Kishida mengikuti langkah Arab Saudi dengan memberikan libur nasional.

Yui Sasaki, pekerja kantoran di Tokyo, termasuk di antara ratusan penggemar yang menyaksikan pertandingan tersebut di tempat tontonan umum di ibu kota.

Dengan menahan air mata Sasaki mengatakan kepada media Asahi Shimbun, “Sejujurnya, sebelum pertandingan saya pikir Jepang akan membutuhkan keajaiban untuk menang.”

Dikutip dari pada Kamis (24/11/2022), PM Fumio Kishida sempat dikritik di media sosial lantaran twit pada hari pertandingan yang menyebutkan kunjungannya ke istana kekaisaran, tetapi tidak menyinggung soal laga timnasnya di Piala Dunia.

Kishida keesokan hari setelah pertandingan berkata di hadapan wartawan, “Saya menonton pertandingan di TV… itu kemenangan yang luar biasa. Saya harap mereka bisa terus maju dan mencapai fase gugur.”

Kemenangan Jepang atas Jerman juga menjadi berita utama di surat-surat kabar serta tabloid. Beberapa menuliskan bahwa rasa sakit 29 tahun lalu telah digantikan oleh “Keajaiban Doha”.

Puja-puji di media sosial juga mengalir deras untuk Takuma Asano yang bermain untuk klub Bundesliga Jerman VfL Bochum, dan pencetak gol penyama kedudukan yakni Ritsu Doan yang juga merumput di Jerman bersama SC Freiburg.

Jepang saat ini menduduki peringkat kedua di klasemen Grup E Piala Dunia 2022. Tim asuhan Hajime Moriyasu itu akan menghadapi Kosta Rika dalam laga kedua pada Minggu (27/11/2022).

Jika menang pintu Jepang untuk lolos ke babak 16 besar akan terbuka lebar, tetapi jika kalah bakal menghadapi partai hidup-mati kontra Spanyol, Jumat (2/11/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!