Kisah Manusia Laba-laba di Dunia Nyata, Pernah Ngotot Panjat Burj Khalifa Tanpa Pengaman

Kisah Manusia Laba-laba di Dunia Nyata, Pernah Ngotot Panjat Burj Khalifa Tanpa Pengaman

tribunwarta.com – Guinness World Records telah membagikan artikel menarik tentang Alain Robert , yang juga dikenal sebagai “Human Spider-Man”.

Robert, sekarang berusia 60 tahun, memecahkan rekor dunia pada tahun 2015 setelah dia memanjat 121 gedung dan mendapatkan posisi di arsip Rekor Dunia Guinness.

Dilansir dari NDTV, keberhasilan pendakian Menara Cayan setinggi 306 meter di Dubai berfungsi sebagai landasan untuk pemecahan rekor ini.

Kecintaannya pada olahraga ini berkembang pesat saat ia berusia 8 tahun, setelah menonton film “The Mountain”.

“Ketika saya masih muda, saya takut pada segalanya. Saya kurang percaya diri dan hanya ingin menjadi seperti pahlawan saya Zorro, Robin Hood, atau D’Artagnan, dan saya harus menemukan cara. Saya punya untuk mengerjakannya. Dan, sebenarnya, inilah yang saya lakukan,” ujarnya.

Saat berusia 11 tahun, atlet Perancis ini memulai panjat tebing sebagai bagian dari pencarian keberaniannya.

Dia dengan cepat unggul dalam semua tantangan dan pada tahun 1994, Robert melanjutkan untuk memanjat gedung dan gedung pencakar langit.

Dia memulai petualangannya di Chicago di mana dia mendaki 42 lantai di Citigroup Center.

“Kota Chicago baru saja membuka pintu ke alam semesta yang benar-benar baru, rangkaian pegunungan baja dan kaca,” tulisnya dalam otobiografinya yang berjudul ‘Dengan Tangan Kosong’.

Perlu dicatat bahwa ” Manusia Laba-laba ” juga memanjat gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa yang tingginya 863 meter dan memiliki sekitar 163 lantai.

Ia mendakinya dalam waktu 6 jam 13 menit 55 detik pada 29 Maret 2011. Ia meminta izin terlebih dahulu kepada Emaar Properties untuk menghindari penahanan saat mendaki.

Robert menggunakan teknik pendakiannya yang terkenal, hanya menggunakan tangan kosong dan sepatu karet, tetapi mereka berhasil membujuknya untuk memakai peralatan keselamatan.

Robert juga pernah mendaki Menara Eiffel, Hotel Marriot Warsawa, jembatan Golden Gate San Francisco, dan Gedung Opera Sydney.

Dia telah jatuh tujuh kali dan ditahan beberapa kali karena masuk tanpa izin. Peristiwa terparah terjadi pada tahun 1982 ketika ia jatuh 15 meter ke tanah setelah seutas tali putus.

Dia menjalani enam operasi dan menghabiskan lima hari dalam keadaan koma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!