Warganet Tanya Sertifikat Halal Mixue, Ini Jawaban Perusahaan

Warganet Tanya Sertifikat Halal Mixue, Ini Jawaban Perusahaan

tribunwarta.com – Mixue, perusahaan minuman kekinian asal China tengah masif berekspansi di Indonesia. Sejumlah gerai Mixue pun kerap terlihat ramai didatangi pelanggan yang ingin menikmati minuman kekinian dengan harga terjangkau.

Meski demikian, sebagian warganet pecinta Mixue mempertanyakan sertifikasi halal mereka. Apalagi ada informasi simpang-siur di media sosial yang menuding bahwa Mixue menggunakan bahan baku yang haram.

Melalui akun Instagram resminya, Mixue Indonesia pun buka suara dan menyatakan bahwa produk mereka memang belum memiliki sertifikat halal. Meski demikian, ini bukan berarti bahwa Mixue tidak halal. Sebab, pihak manajemen hingga saat ini masih dalam proses untuk mendapat sertifikasi dari lembaga berwenang.

“Perlu menjadi catatan bahwa belum memiliki sertifikat halal tidak sama dengan tidak halal. Penyebaran informasi bahwa Mixue tidak halal merupakan tindakan yang menurut kami kurang bertanggung jawab dan sangat disayangkan,” demikian pertanyaan Mixue yang dikutip CNBC Indonesia pada Selasa (27/12/2022).

Pihak Mixue menjelaskan bahwa setifikat halal sudah diajukan sejak tahun 2021, namun proses tersebut membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Mixue Indonesia kemudian menerangkan alasan mengapa proses untuk memperoleh sertifikat halal tersebut lama. Hal ini karena 90% bahan baku yang mereka gunakan diimpor dari Cina, sehingga semua proses pengecekan harus dilakukan langsung oleh pihak berwenang di sana.

Berikut penjelasan lengkap dari pihak Mixue Indonesia:

1. Saat ini memang benar Mixue belum memiliki sertifikat halal

2. Proses Pengurusan Sertifikat Halal Mixue saat ini dapat dipastikan sedang dilakukan dengan pihak berwenang yang berada di Tiongkok

3. Produk Mixue sudah lolos BPOM dan mendapatkan Surat Keterangan Impor

4. Produk Bahan baku Mixue tidak wajib mendaftarkan izin edar, karena bukan makanan dalam kemasan eceran.

5. Komitmen dan itikad baik perusahaan untuk melayani masyarakat Indonesia secara luas dengan lebih baik akan terus kami upayakan, salah satunya dengan kooperatif dalam pengurusan sertifikasi halal.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai hal-hal ini. Kami sangat menghargai keputusan customer dalam menyikapi informasi yang telah kami sampaikan, karena kami yakin setiap customer berhak menerima informasi yang benar dan memilih pilihan terbaik bagi masing-masing. Kami juga sangat mengapresiasi pihak-pihak yang mendukung Mixue dalam menyebarkan informasi yang sebenarnya dan mendukung Mixue dalam pengurusan sertifikat halal.

Kami berharap, adanya klarifikasi ini dapat menjawab keraguan dan pertanyaan customer Mixue sehingga meminimalisir akibat dari tindakan yang kurang bertanggung jawab dengan menyebarkan informasi yang kurang tepat. Besar harapan kami agar tindakan demikian tidak terus dilanjutkan. Kami juga akan selalu mengupayakan yang terbaik untuk menjawab pertanyaan setiap customer dengan informasi yang benar.

Akhir kata, komitmen perusahaan untuk terus melayani masyarakat Indonesia dengan cita rasa berkualitas tinggi dan harga terjangkau akan terus kami pegang teguh. Mohon menunggu kabar baik dari kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!