Terkadang Stress Itu Perlu

Terkadang Stress Itu Perlu

tribunwarta.com – Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Biasanya, stres diasosiasikan pada hal-hal yang negatif karena merupakan salah satu gejala gangguan mental apabila terlalu intens.

Pasalnya, stres bisa membuat kita kewalahan, cemas, frustrasi, dan sensitif. Jika tak dikelola dengan baik, stres tentu bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari, baik terhadap diri sendiri maupun relasi dengan orang lain.

Ternyata, stres tak selalu buruk sebab ia juga mempunyai manfaat. Dalam bertajuk dengan tautan askes yang bekerja sama dengan Animo Life, disebutkan kalau stres bisa jadi sesuatu yang bagus untuk pengembangan diri dan produktivitas kerja kita.

Bagaimana bisa, ya, stres bisa dikatakan sebagai hal yang positif? Padahal, kita cenderung memberikan respons negatif jika sedang mengalaminya.

Bagaimana Stres Produktif Bekerja?

Pada dasarnya, stres adalah respons natural dari tubuh saat kita mengalami tekanan yang berasal dari kejadian tak terduga atau situasi yang mengancam. Respons yang dikeluarkan manusia saat stres pun umumnya cemas, takut, hingga marah.

Stres dapat dikatakan buruk ketika kita memiliki respons emosional berlebih terhadap sesuatu yang telah terjadi. Bahkan, respons ini bisa mengarahkan kita pada tindakan yang buruk, seperti marah yang meluap-luap hingga dendam.

Di sisi lain, terdapat stres positif yang juga dikenal sebagai Hukum Yerkes-Dodson. Mengutip , hukum ini menyebutkan kalau performa kerja kita akan meningkat seiring dengan meningkatnya stres sampai batas tertentu. Pasalnya, jika tak merasakan stres sama sekali, kita justru sulit berkonsentrasi dan meningkatkan motivasi.

Namun, apabila berhasil melewati respons emosional terhadap stres, kita jadi mampu berpikir jernih sehingga meningkatkan kemampuan logika dan penalaran. Hal ini pula yang membuat kita menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas.

Itu sebabnya, stres baik adalah cara terbaik kita untuk merespons suatu masalah. Pasalnya, kita berada di respons yang tepat; tak pasrah tapi tidak pula terlalu meluap-luap.

Cara Membuat Stres Jadi Lebih Produktif

Mengutip , ada lima cara yang bisa kita lakukan untuk membuat stres kita jadi positif. Pertama adalah identifikasi emosi yang dirasakan agar kita mampu mencari cara untuk memecahkan masalah penyebab stres.

Kedua adalah cobalah mencari sudut pandang lain dari masalah yang sedang dihadapi. Pasalnya, saat mendapatkan suatu hal baru, kita cenderung terlalu takut karena adanya pemikiran liar yang belum pasti. Oleh sebab itu, carilah sudut pandang positif.

Ketiga, yaitu jangan takut meminta bantuan. Jika dirasa tak mampu mengatasi masalah atau pekerjaan, kita tak boleh malu meminta pertolongan. Pasalnya, apabila kita tak bisa mengatasinya, justru perasaan stres yang akan menguasai diri.

Keempat adalah melakukan hal-hal positif. Saat menyelesaikan pekerjaan atau masalah, iringilah dengan kegiatan positif, seperti mendengarkan lagu kesukaan. Terakhir, yaitu bangun relasi sosial dengan orang lain.

Gunakan kesempatan ini untuk memberikan hal positif kepada orang lain. Percayalah bahwa setiap kebaikan yang kita lakukan akan menjadi timbal balik yang positif bagi diri sendiri.

Lalu, bagaimana jika seseorang terjebak dalam stres yang buruk? Jawaban lengkapnya bisa kalian dengarkan melalui bertajuk di Spotify.

Tak hanya itu, di sana, ada pula beragam informasi menarik seputar dunia kerja untuk para fresh graduate dan job seeker, loh!

Ikuti juga siniarnya agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya. Akses sekarang juga episode ini melalui tautan .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!