Warga India Senang Rishi Sunak Jadi Perdana Menteri Inggris

Warga India Senang Rishi Sunak Jadi Perdana Menteri Inggris

New Delhi: Warga India yang tersebar di banyak negara di dunia mengungkapkan kegembiraan atas terpilihnya Rishi Sunak sebagai perdana menteri baru Inggris. Momen ini bertepatan dengan banyaknya umat Hindu di seluruh dunia yang merayakan festival Diwali atau Deepavali.
 
Sunak ditetapkan menjadi PM Inggris setelah dua saingannya, Boris Johnson dan Penny Mordaunt, mengundurkan diri dari kontes kepemimpinan untuk menggantikan Liz Truss.
 
Truss mengundurkan diri setelah hanya menjabat posisi PM Inggris selama satu setengah bulan.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kejayaan Rishi Sunak bermunculan di sebagian besar surat kabar India, di samping kemenangan tim kriket India atas saingan beratnya Pakistan dalam pertandingan Piala Dunia T20 pada Minggu malam.
 
Sebagian warga India mengatakan di media sosial bahwa terpilihnya Rishi Sunak sebagai perdana menteri tahun ini akan menjadi lebih istimewa, karena India baru-baru ini merayakan 75 tahun kemerdekaannya dari pemerintahan kolonial Inggris.
 
“Ini (Diwali) yang sangat istimewa bagi kemenangan kriket tim India dan Rishi Sunak, orang keturunan India dan penganut Hindu taat yang menjadi perdana menteri Inggris,” tulis seorang warga India bernama Chennai D. Muthukrishnan di Twitter.
 
“Rishi Sunak pernah mengucap sumpah jabatan sebagai anggota parlemen dengan memegang kitab Bhagavad Gita. Jika dia mengulangi hal yang sama untuk mengambil sumpah sebagai perdana menteri, maka akan menjadi hari yang luar biasa bagi India. Momen ini juga bertepatan dengan 75 tahun kemerdekaan kita dari Inggris,” sambungnya.
 
Sunak, 42, adalah penganut Hindu taat dan dikenal kerap merayakan festival-festival India.
 
Orang India biasanya sangat bangga ketika tokoh ternama keturunan India meraih kesuksesan di luar negeri. Ini meliputi tokoh-tokoh seperti Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, kepala eksekutif Microsoft Satya Nadella dan CEO Alphabet Sundar Pichai.
 
Sebagian warga India kini berharap akan adanya hubungan Inggris-India yang lebih erat dengan Rishi Sunak sebagai perdana menteri.
 
Baca:  Rishi Sunak, Tokoh Non-Kulit Putih Pertama yang Menjadi PM Inggris
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *