Wapres AS Kamala Harris Dipastikan Negatif Covid-19

Wapres AS Kamala Harris Dipastikan Negatif Covid-19

Washington: Meskipun Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris pernah terinfeksi oleh virus korona pada April, bukan tidak mungkin dia bisa terinfeksi lagi. Prospek ini muncul karena dia bersama Presiden Joe Biden hanya dua hari sebelum dinyatakan positif.
 
Menurut jadwalnya hari itu, Harris menerima pengarahan harian presiden di Ruang Oval. Dia juga bertemu dengan Olena Zelenska, ibu negara Ukraina, dengan Biden dan lainnya di Gedung Putih.
 
Prospek Harris dan Biden tertular virus bisa meresahkan, tetapi keduanya telah divaksinasi sepenuhnya dan telah menerima dua suntikan booster, yang tetap sangat protektif terhadap penyakit parah. Harris menerima booster keduanya pada 1 April, dan Biden pada 30 Maret.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harris, yang melakukan perjalanan ke North Carolina pada Kamis 21 Juli 2022, mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Biden melalui telepon dan bahwa dia “dalam semangat yang baik.”
 
“Harris dites negatif Kamis pagi. Atas saran tim medis Gedung Putih, dia akan tetap menggunakan masker, tetapi jadwalnya akan tetap berjalan sesuai rencana,” ujar seorang pejabat Gedung Putih, seperti dikutip The New York Times, Jumat 22 Juli 2022.
 
Dia mungkin tidak jelas. Untuk memperhitungkan masa inkubasi virus, banyak ahli merekomendasikan untuk melakukan tes cepat dua hingga empat hari setelah potensi paparan, dan mengambil setidaknya dua tes cepat sekitar satu hari.
 
Harris sebelumnya dites positif terkena virus korona pada 26 April. Dalam mengumumkan tes positifnya, kantornya mengatakan dia tidak mengalami gejala dan akan mengisolasi di rumah. Saat itu, Harris sudah divaksinasi lengkap dan telah menerima dua suntikan booster. Dia diberi resep pengobatan antivirus Paxlovid.
 
Pada saat dia terinfeksi, wakil presiden tidak melakukan kontak dekat dengan Biden. Dia telah menghabiskan beberapa hari di California dan tidak melihat presiden secara langsung dalam delapan hari.
 
Sebulan sebelumnya, Doug Emhoff, suami Harris, dinyatakan positif terkena virus. Harris tidak terinfeksi saat itu, tetapi sementara dia diisolasi dan terus dites negatif, tes positif Emhoff memaksanya untuk membatalkan penampilan di sebuah acara dengan Biden.
 
Ada kemungkinan wakil presiden bisa tertular virus lagi. Antibodi yang membantu melindungi terhadap infeksi berkurang seiring waktu, dan Omicron lebih mahir menghindari antibodi tersebut daripada varian sebelumnya.
 
Bahkan infeksi Omicron sebelumnya mungkin tidak melindungi dari infeksi berikutnya. Meskipun tidak jelas versi virus apa yang menulari Harris pada April, pada saat itu, subvarian BA.2 dari Omicron adalah versi yang dominan di Amerika Serikat.
 
Sekarang, subvarian BA.5, yang telah menyebar lebih cepat dari versi sebelumnya, menyebabkan lonjakan kasus baru, termasuk serentetan infeksi ulang. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan pekan lalu bahwa BA.5 menyumbang hampir 80 persen infeksi baru di seluruh AS.
 
“Anda sebelumnya dapat terinfeksi bahkan baru-baru ini beberapa bulan terakhir dan memiliki tingkat infeksi ulang yang sangat tinggi,” kata Dr. Ashish K. Jha, koordinator respons virus korona Biden, dalam sebuah wawancara minggu lalu.
 
Sebuah studi baru-baru ini dari Qatar, yang belum ditinjau oleh para ahli luar, menunjukkan bahwa BA.4 dan BA.5 lebih baik dalam menghindari antibodi dari infeksi virus korona sebelumnya daripada versi Omicron sebelumnya.
 
Namun, orang yang terinfeksi dengan versi sebelumnya dari Omicron harus lebih terlindungi daripada mereka yang terinfeksi dengan varian virus lainnya. Menurut penelitian Qatar, infeksi dengan varian pra-Omicron adalah 28 persen efektif untuk mencegah infeksi berikutnya dengan BA.4 atau BA.5. Namun, infeksi Omicron sebelumnya adalah 80 persen efektif dalam mencegah infeksi BA.4 atau BA.5.
 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *