Tujuh Kebiasaan yang Bikin Pori-pori Wajah Membesar

Tujuh Kebiasaan yang Bikin Pori-pori Wajah Membesar

Jakarta: Pori-pori yang tampak besar di wajah memang tidak mengganggu kesehatan, tapi dapat mengganggu penampilan, sehingga berdampak menurunnya rasa percaya diri. Mungkin kamu sudah memahami bahwa ukuran pori-pori merupakan sesuatu yang bersifat genetik sehingga tidak dapat mengecil, tapi ukurannya dapat membesar lho!

Melansir dari L’oreal Paris, terdapat beberapa kebiasaan yang memicu peregangan di kulit, sehingga pori pori wajah membesar, seperti:

 

1. Malas membersihkan wajah 

Membersihkan wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari, merupakan perawatan wajah mendasar yang wajib diakukan. Jika kamu lalai, terutama pada malam hari saat berbagai kotoran, sisa produk make up, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih menumpuk di permukaan kulit wajah, maka keesokan harinya bisa dipastikan pori-pori di wajah akan langsung terlihat membesar. 
 

2. Memencet dan mengutik-utik jerawat

Kebiasaan penyebab pori-pori besar ini mkerap dilakukan untuk mengeluarkan isi jerawat. Padahal salah melakukannya dapat membuat jerawat semakin meradang dan menyebabkan kulit mengalami iritasi. Hal ini akan berdampak ke pori-por. Biasanya akan menjadi terlihat besar karena merenggang saat kamu mengeluarkan isi jerawat.
 

3. Menyentuh wajah

Menurut beberapa studi, manusia dapat menyentuh wajah sampai 23 kali dalam sehari. Padahal, kondisi tangan sering kali tidak bersih dan higienis karena dipergunakan untuk menyentuh banyak benda. Kotoran yang berpindah dari tangan dapat memicu pori-pori tersumbat, dan dapat menjadi jerawat jika kuman ikut berpindah dari tangan ke kulit wajah. 

 

4. Malas mengganti sprei dan sarung bantal

Kain-kain perlengkapan tidur ini dengan cepat dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran, sel-sel kulit mati yang luruh, keringat, dan minyak alami dari tubuh. Saat semua ini berpindah ke kulit wajah, maka dapat menyebabkan masalah di kulit wajah, termasuk pori-pori yang membesar karena tersumbat.

Tujuh Kebiasaan yang Bikin Pori-pori Wajah Membesar

(Kebiasaan memencet jerawat jadi salah satu penyebab pori-pori wajah membesar. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Sering mengonsumsi beberapa makanan tertentu

Makanan dan minuman yang mengandung susu, alkohol tinggi, gula tinggi, dimasak dengan cara digoreng, dan terlalu pedas dapat memicu produksi minyak berlebih serta peradangan di kulit yang menyebabkan jerawat. Jika sudah terbentuk jerawat, maka mulut pori-pori akan meregang dan tampak membesar.
 

6. Berolahraga sambil memakai make up

Berkeringat merupakan salah satu cara tubuh untuk menurunkan suhu yang meningkat saat berolahraga. Memakai produk make up saat berolahraga akan membuat pori-pori yang berisi kelenjar keringat akan tertutup, sehingga keringat dan kotoran terjebak di dalamnya dan membentuk sumbatan penyebab pori-pori membesar.
 

7. Merokok

Saat kamu merokok, maka dampaknya akan langsung terlihat di kulit. Berbagai racun yang terdapat di dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin, jaringan serat yang membuat kulit kencang dan elastis. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan elastisitasnya berkurang, memicu pori-pori meregang penyebab pori-pori besar.
(yyy)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *