Sri Mulyani Yakin Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5% Meski 2023 Banyak ‘Hantu’

Sri Mulyani Yakin Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5% Meski 2023 Banyak ‘Hantu’

tribunwarta.com – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengingatkan kembali tentang Indonesia yang tengah dihadapkan pada tantangan dari perekonomian global di 2023 mendatang.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) APBN 2023, diasumsikan pertumbuhan ekonomi 5,3%. Di sisi lain, Sri Mulyani tidak menampik, resiko naik dan turunnya ekonomi akan tetap ada di setiap tahunnya.

“Dampaknya ke dalam perekonomian tahun depan, seberapa resilient investasi kita tetap bisa bertahan dalam kondisi kecenderungan suku bunga yang akan lebih tinggi dibandingkan tahun ini. Kan itu yang harus kita lihat, ujar Sri Mulyani, di Kompas100 CEO Forum Tahun 2022, dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (02/12/2022).

Ia pun menyoroti seberapa kuat resiliensi investasi RI untuk bisa bertahan di tengah kondisi tersebut. Apabila investasi bisa bertumbuh di atas 5%, Sri Mulyani yakin ekonomi RI akan mampu bertahan.

“Kemarin Q3 (kuartal III) ekonomi kita tumbuh 5,7%. Itu investasi tumbuhnya di 4,9%, dekat sekali dengan 5%. Itu satu. Jadi kalau investasi bisa bertahan tumbuh diatas 5%, kita punya harapan bahwa resiliensi dari ekonomi kita akibat kenaikan interest rate karena inflasi tinggi dari dunia itu bisa kita jaga,” terangnya.

Tidak hanya investasi, angka konsumsi juga menjadi catatan penting dalam mempertahankan resiliensi ekonomi RI. Karena itulah, pemerintah sangat memperhatikan angka inflasi, yang juga berhubungan dengan daya beli masyarakat.

“Konsumsi rumah tangga itu yang menjelaskan hampir 56-57% dari GDP kita. Apakah juga bisa tumbuh tetap di atas 5%. Daya beli dari konsumsi kita juga harus dijaga,” katanya.

Hal ini pulalah yang membuat pemerintah menggelontorkan subsidi dan kompensasi energi, khususnya bahan bakar minyak (BBM), secara besar-besaran di tahun ini.

“Itu untuk menjaga 2 BUMN (Pertamina dan PLN) tetap jalan, masyarakat tetap terjaga daya belinya. Karena shock yang terjadi dari luar tidak kita pass through ke masyarakat,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *