Siap-siap! Tol Bengkulu-Taba Penanjung Segera Beroperasi Gratis

Siap-siap! Tol Bengkulu-Taba Penanjung Segera Beroperasi Gratis

tribunwarta.comTol Bengkulu-Taba Penanjung akan segera dioperasikan tanpa tarif dalam waktu dekat. Karena masih dalam masa sosialisasi, maka pengoperasian ruas jalan tol ini belum dikenakan tarif.

“Meski belum bertarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintas di GT Bengkulu. Kami juga mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas untuk dapat menggunakan jalan tol secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas diantaranya yakni dengan berkendara dengan kecepatan maksimal 80 km/jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan didepan minimal 10-20 meter, dan pastikan kendaraan tidak melebihi muatan,” ujar Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam keterangan tertulis, Kamis (1/12/2022).

Meski demikian, Koentjoro menyebutkan bahwa Hutama Karya sudah mengantongi Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1482/KPTS/M/2022 Tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Bengkulu-Taba Penanjung.

“Sesuai arahan regulator, kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima Kepmen tersebut. Adapun untuk mendukung pengoperasiannya, kami telah menyiapkan fasilitas dan personil siaga diantaranya yakni 101 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis & patroli. Nantinya akan diberlakukan sistem one gate dengan melakukan satu kali tapping di Gerbang Tol (GT) Bengkulu di daerah Betungan,” tutur Koentjoro.

Lebih lanjut, Koentjoro juga menambahkan bahwa sebelumnya Tol Bengkulu-Taba Penanjung telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13-14 April 2022. Tol sepanjang 17,60 km ini telah dilalui lebih dari 45 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan pada saat uji coba dalam momen Mudik Lebaran 2022.

“Pelatihan diberikan kepada petugas terkait kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya sehingga petugas telah siap melayani pengguna jalan Tol di Bengkulu-Taba Penanjung,” tambah Koentjoro.

Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Selain itu untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di manapun berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *