Sakit Maag Kambuh? Yuk, Cek 5 Rekomendasi Obat Maag Ampuh Ini!

Sakit Maag Kambuh? Yuk, Cek 5 Rekomendasi Obat Maag Ampuh Ini!

tribunwarta.com – JAKARTA, Saat sakit maag kambuh, tubuh akan terasa tidak nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitasmu. Maag adalah peradangan yang terjadi pada lapisan dinding lambung, dimana dapat bersifat tiba-tiba maupun kronis.

Tidak hanya itu, maag juga terjadi karena peningkatan kadar asam lambung di saluran pencernaan.

Gejala sakit maag bisa ditandai dengan adanya rasa terbakar pada perut bagian atas, cepat merasa kenyang, mual dan muntah, nyeri pada ulu hati, hingga sering bersendawa. Hal tersebut umumnya disebabkan karena banyaknya mengkonsumsi makanan asam, berlemak, pedas, dan mengandung gas.

Selain itu, stres berlebih, hingga efek samping obat-obatan juga bisa menjadi pemicunya, lho!

Nah, kamu dapat mencegah maag kambuh dengan mengurangi mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung dan mengelola stres. Tidak hanya itu, kamu juga perlu menghindari obat-obatan yang menyebabkan nyeri lambung, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Jika kamu menderita maag kronis, tentu memerlukan tindakan medis dari dokter. Namun, jika maag yang diderita masih ringan dan wajar, kamu dapat mencoba obat ini:

1. Antasida Doen

Berbentuk tablet kunyah dan sirup, Antasida Doen mengandung Aluminium Hydroxide dan Magnesium Hydroxide yang mampu menetralkan asam lambung dan menginaktifkan pepsin.

Maka dari itu, jika mengalami gejala kelebihan asam lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan lambung terasa penuh, kamu dapat mengkonsumsi obat ini.

Nah, obat ini dapat kamu konsumsi saat perut kosong, yaitu ketika satu sampai dua jam setelah makan dan sebelum tidur

2. Gastrinal

Gastrinal merupakan obat maag berbentuk tablet dan cair yang mengandung Mg trisilicate, Al(OH)3 gel, dan dimethylpolysiloxane.

Jika kamu mengalami perut kembung, hiperasiditas lambung, gangguan cerna fungsional dan organik, nyeri ulu hati, hiatus hernia, esofagitis, gastritis, serta tukak lambung, obat ini dapat kamu konsumsi.

3. Mylanta Cair

Mylanta Cair mengandung aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon. Kamu dapat mengkonsumsi obat ini jika mengalami gejala rasa panas pada ulu hati, rasa tidak enak pada perut, kembung, dan gangguan saluran pencernaan lainnya.

Nah, obat ini dapat dikonsumsi oleh dewasa dan anak berusia enam tahun. Tapi perlu diingat, obat ini tidak boleh dikonsumsi lebih dari dua minggu, ya!

4. Polysilane

Polysilane mengandung Al(OH)3, Mg(OH)2, dan Polydimethylsiloxane. Sehingga obat ini dapat mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari, mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan perasaan penuh pada lambung.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sebelum makan, saat perut kosong. Namun, kamu tidak dapat menggunakannya jangka panjang serta dosis tinggi.

5. Promag

Jika mengalami gejala mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan rasa penuh di lambung, kamu dapat mengkonsumsi obat ini. Promag mampu menetralkan kadar asam lambung karena didalamnya terkandung kombinasi hydrotalcite, magnesium hidroksida dan simetikon.

Promag dapat dikonsumsi dengan cara dikunyah langsung, saat sebelum atau sesudah makan, sebelum tidur, bahkan ketika gejala maag mulai melanda.

Itu dia lima rekomendasi obat maag yang dapat kamu konsumsi saat maag kambuh. Nah, kelima obat tersebut bisa kamu dapatkan dengan cepat, mudah serta aman melalui Tokopedia yang selalu ada dan selalu bisa!

Editor : Rizqa Leony Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!