Rubel Rusia tergelincir dekati level terendah 7 minggu terhadap yuan

Rubel Rusia tergelincir dekati level terendah 7 minggu terhadap yuan

tribunwarta.com – Rubel melemah ke level terendah hampir tujuh minggu terhadap yuan pada awal perdagangan Kamis, dan juga melemah terhadap dolar, karena pasar bereaksi terhadap komentar Federal Reserve tentang suku bunga dan mata uang Rusia tertekan pada akhir periode pembayaran pajak yang menguntungkan.

Pada pukul 07.58 GMT, rubel telah merosot 0,4 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan di 8,63, mencapai level terlemah sejak 14 Oktober.

Rubel juga diperdagangkan 0,2 persen lebih lemah terhadap dolar di 61,10 dan telah kehilangan 1,1 persen untuk diperdagangkan di 63,79 versus euro.

Sementara, yuan telah membuat terobosan bertahap ke Rusia selama bertahun-tahun, perayapannya telah berubah menjadi sprint dalam sembilan bulan terakhir karena mata uang tersebut menyapu pasar dan arus perdagangan negara tersebut, menurut tinjauan data dan wawancara Reuters dengan 10 pelaku bisnis dan keuangan.

Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan kenaikan suku bunga dapat dikurangi “segera setelah Desember”, yang mendorong dolar lebih rendah.

Tetapi rubel sekarang telah kehilangan dukungan dari periode pajak akhir bulan yang menguntungkan yang biasanya membuat eksportir Rusia mengubah pendapatan mata uang asing menjadi rubel untuk membayar kewajiban lokal.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, turun 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 86,5 dolar AS per barel.

Indeks saham Rusia lebih tinggi. “Lanskap pasar Rusia tidak berubah selama beberapa hari – indeks iMOEX maju-mundur dalam aktivitas perdagangan yang lesu dan kemungkinan akan melanjutkan perdagangan tanpa pendorong pertumbuhan yang jelas hingga akhir Desember,” kata BCS World of Investments.

Indeks RTS berdenominasi dolar naik 0,3 persen menjadi diperdagangkan di 1.128,5 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel naik 0,7 persen menjadi diperdagangkan di 2.188,6 poin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!