Percepat Jadi Kampus Digital, Telkom University Jalin Kerja Sama dengan Microsoft

Percepat Jadi Kampus Digital, Telkom University Jalin Kerja Sama dengan Microsoft

Jakarta: Telkom University (Tel-U) dan Microsoft Indonesia menandatangani nota kesepahaman untuk mendorong percepatan Tel-U sebagai kampus digital. Kerja sama berupa eksplorasi penggunaan teknologi Microsoft di platform Center of Learning Open Education (CeLOE) Tel-U untuk meningkatkan kualitas pengalaman belajar hybrid dan optimalisasi Microsoft Office 365 dalam belajar mengajar dan kegiatan operasional, serta optimasi platform Microsoft Azure untuk menjalankan dan modernisasi aplikasi seluler MyTelU.
 
Rektor Tel-U Adiwijaya mengatakan Telkom University terus berkontribusi bagi bangsa melalui talenta digital. Dia berharap kerja sama ini semakin memperkuat Tel-U mewujudkan mimpi bangsa Indonesia. 
 
“Kami berharap kerja sama ini tidak hanya memberikan benefit untuk masing-masing institusi tapi lebih luas lagi dapat memberikan manfaat untuk masyarakat dan bangsa Indonesia,” kata Adiwijaya dalam keterangan tertulis, Jumat, 7 Oktober 2022. 





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan dalam percepatan transformasi Tel-U sebagai kampus digital, pengelolaan data secara terintegrasi sangat penting. Oleh karena itu, salah satu bidang kolaborasi lain yang dikedepankan melalui nota kesepahaman ini adalah pengembangan konsep Tel-U Satu Data. 
 
Tel-U Satu Data adalah membangun tempat penyimpanan data virtual yang konsisten agar dapat mengambil keputusan berbasis data secara lebih efisien, serta memvisualisasikan data secara lebih mudah dengan menggunakan teknologi Microsoft. Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir menyebut modernisasi pendidikan merupakan salah satu elemen fundamental yang perlu diakselerasi bersama dalam mendukung percepatan Indonesia menuju Indonesia Digital. 
 
Modernisasi dapat dilihat dari berbagai aspek. Mulai, sistem kegiatan belajar mengajar hybrid, inovasi cara kerja dan belajar, seperti melalui pembuatan aplikasi, proses administrasi dengan dukungan teknologi, hingga kegiatan operasional berbasis data. 
 
Dia merasa terhormat dapat bekerja sama dengan Tel-U untuk mendorong percepatan sebagai kampus digital. Melalui kampus digital, dapat menyelaraskan perkembangan dunia pendidikan dan industri.
 
“Tidak hanya itu, kita juga akan dapat menghasilkan lulusan dengan kapabilitas dan keterampilan digital mumpuni, yang siap bekerja sesuai standar perusahaan teknologi kelas dunia,” ujar Dharma. 
 
Dia menyebut dalam percepatan itu, menyiapkan sumber daya manusia yang mampu mengoptimalisasi penggunaan teknologi juga pentin. Tel-U dan Microsoft telah merumuskan kolaborasi khusus di bidang pemberdayaan talenta digital. 
 
Dalam ranah ini, Microsoft akan memberikan berbagai program pelatihan digital bagi karyawan Tel-U, sementara Tel-U akan mendukung penyertaan sertifikasi internasional Microsoft pada program studi yang dianggap relevan. Harapannya, kolaborasi yang terjalin akan memiliki andil dalam menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja maupun industri. 
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *