Penjual Ikan di Batu Pasarkan Ikan Secara Online

Penjual Ikan di Batu Pasarkan Ikan Secara Online

tribunwarta.com – Kondisi para penjual ikan di Pasar Ikan Kali Mawar, Kota Batu sepi pembeli. Tidak setiap hari ikan dari para penjual di lima kios ada yang laku.

Salah satunya yang dirasakan oleh penjual ikan Koi bernama Untung (48). Dia sudah delapan bulan berjualan ikan Koi di kiosnya itu. Dalam sebulan, pendapatan kotor yang paling tinggi pernah diterimanya hanya sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta.

“Itu enggak tentu, pernah tiga bulan hanya dapat Rp 3 juta. Saya ini bukan jualan dari kecil terus dibesarkan, tidak. Jadi ya kulakan (beli untuk dijual lagi),” kata Untung pada Senin (5/12/2022).

Berbagai jenis ikan Koi dijualnya, mulai harga Rp 50.000 hingga tertinggi Rp 1,5 juta tergantung dari corak warnanya. Seperti Koi jenis Sanke, Showa, Midori, Shiro dan lainnya.

“Di sini enggak ada yang mahal atau belum ada grade A atau untuk champion, belum tentu kecil murah, gede mahal, tergantung faktor estetika anatomi dan jenis ikannya, disini sebenarnya koi masih standar biasa, untuk konsumen rumah, penghobi biasa,” katanya.

Pria asal Desa Punten, Kota Batu itu mengatakan, Pasar Ikan Kali Mawar tidak seperti pasar ikan di daerah lainnya. Pengunjung yang ada tergolong sepi.

“Penjualan disini kurang laku, pengunjung kurang disini, tidak seperti di Kediri, Blitar ada khusus pasar ikan yang pengunjungnya ramai sekali, entah kenapa itu, kalau promosi sebetulnya sudah di google maps sudah masuk,” katanya.

Jual Lewat Online

Meski begitu, Untung mengatakan bahwa para penjual memiliki cara lain untuk memasarkan ikan yang dijual dengan online.

“Ada yang jualan lewat marketplace, kalau enggak gitu ya enggak laku-laku ikannya,” katanya.

Untung juga menyampaikan, pedagang yang ada rata-rata sebenarnya memiliki pekerjaan utama lainnya. Sehingga berjualan ikan merupakan pekerjaan sampingan.

“Kalau pedagang disini pada umumnya juga punya pekerjaan utama, seperti aku tidak fokus 100 persen di Koi, selama aku belum dapat job buat taman, ya disini aku, untuk mengisi waktu kekosongan itu,” katanya.

Sebagai informasi, Pasar Ikan Kali Mawar dibawah naungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu. Selain terdapat penjual ikan, disana juga ada pembudidayaan ikan tombro punten dan nila yang dilakukan oleh Pemkot Batu.

“Tempatnya disini sama Pendem, biasanya ini dibagikan untuk perluasan kelompok budidaya ikan di desa-desa, Januari lalu ada 5.000 ekor nila yang dibagikan ukuran 3 sampai 5 sentimeter, 5 sampai 7 sentimeter,” kata salah satu pegawai DPKP Kota Batu, Riyadi.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *