Pengumuman! OJK Rilis Daftar Saham Syariah, Siapa Aja Nih?

Pengumuman! OJK Rilis Daftar Saham Syariah, Siapa Aja Nih?

tribunwarta.comJakarta, CNBC IndonesiaOtoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merilis daftar efek syariah untuk periode II, yang berlangsung dari Desember 2022 hingga Mei 2023. Siapa saja emiten yang termasuk dalam daftar tersebut?

Sebagai informasi, berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-81/D.04/2022 tentang Daftar Efek Syariah, setidaknya ada 542 emiten yang tergolong efek syariah. Itu terdiri dari emiten berbagai sektor, dari energi hingga transportasi dan logistik.

Adapun, sumber datanya ialah laporan keuangan emiten dan perusahaan publik pada kuartal kedua 2022, serta data pendukung berupa data tertulis dari emiten. Ke depan, secara periodik daftar itu akan ditinjau kembali.

Beberapa saham dalam daftar efek syariah Desember 2022-Mei 2023

Sektor Energi

Secara total, ada 54 saham sektor energi yang masuk daftar efek syariah Desember 2022-Mei 2023. Sejumlah saham energi yang terdaftar sebagai efek syariah, antara lain: PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR), PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Harum Energy Tbk (HRUM), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Sektor Barang Baku

Di sektor ini, ada total 69 saham yang tergolong daftar efek syariah. Sebut saja, PT Avia Avian Tbk (AVIA), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Chemstar Indonesia Tbk (CHEM), PT Lotte Chemical Titan Tbk (FPNI), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), PT TImah Tbk (TINS), dan PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON).

Sektor Perindustrian

Sektor perindustrian memiliki 42 efek syariah. Untuk menyebut beberapa, ada PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Multipolar Tbk (MLPL), PT Mark Dynamics Tbk (MARK), PT Astra Graphia Tbk (ASGR), dan PT ABM Investama Tbk (ABMM).

Sektor Barang Konsumen Primer

Sektor ini memiliki 80 efek syariah, yang beberapa di antaranya terdiri dari PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO), PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC), dan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA).

TIM RISET CNBC INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *