Panduan Merancang Rumah Minimalis yang Nyaman

Panduan Merancang Rumah Minimalis yang Nyaman

tribunwarta.com – Minimalisme adalah salah satu konsep desain paling signifikan di abad ke-20. Ini adalah desain yang paling efektif, kuat, dan berpengaruh saat ini. Desain minimalis memberikan kesopanan ke rumah.

Seperti namanya, desain minimalis bukanlah gaya yang megah atau mewah. Minimalisme melanjutkan tren menolak desain masa lalu yang mewah dan sangat dekoratif, memberikan tampilan yang elegan pada desain karena kesederhanaan dan kesederhanaannya.

Istilah minimalis digunakan untuk menggambarkan tren desain dan arsitektur, di mana elemen yang digunakan dikurangi sesuai dengan kebutuhan dan kebutuhannya. Itu hanya untuk menjaga hal-hal sederhana dan mudah. Jasa desain interior berperan penting dalam membangun desain rumah minimalis.

Apa Itu Desain Minimalis?

Dalam desain interior dan dekorasi rumah, desain minimalis banyak dipilih dan menjadi terkenal akhir-akhir ini karena elemen yang digunakan minimal dengan tetap mempertahankan keanggunan, kesopanan dan keindahan rumah atau bangunan dalam arsitektur dan desain interior.

Dalam desain minimalis, ruang, objek, dan pencahayaan memainkan peran yang sama pentingnya. Desain ini adalah menampilkan gaya yang berani, tidak membosankan. Hal ini juga fungsional dan sangat mudah diingat. Desain minimalis tidak pernah terinspirasi oleh keketatan, penghematan, dan kekurangannya. Memilih desain minimalis bukan pilihan yang murah karena dianggap sebagai gaya yang mewah, kaya, cantik, mewah dan anggun.

Karakteristik Desain Minimalis

Arsitektur minimalis adalah tentang mencapai desain yang lebih baik melalui kesederhanaan dalam garis, bentuk, ruang, detail, dekorasi, lampu, warna dan materialitas. Desain minimalis juga menunjukkan kontrol dan pengurangan yang hati-hati, pemotongan dan pengeditan ruang untuk mendapatkan tempat yang sederhana.

Semua orang menyukai ruang yang bersih dan terbuka yang membantu arsitektur, furniture, dan bahan di dalam ruangan agar terlihat luang. Bahan yang sederhana, detail yang tegas, dan kesederhanaan membuat minimalis begitu menarik untuk dilihat. Para desainer interior dan arsitektur menyukai dan menikmati minimalis karena menonjolkan kehangatan, ketenangan, dan keindahan yang dipancarkan atau dipancarkan oleh jenis ruang atau lingkungan ini.

Minimalisme tidak terkenal di dunia desain interior hanya karena trendi dan efek yang diciptakan dapat membuat ruang bisa terlihat indah. Menggunakan sedikit barang-barang dan tinggal di rumah yang rapi memiliki banyak manfaat, seperti berikut.

– Meningkatkan Kesehatan

Tinggal di rumah minimalis memberi Anda waktu untuk berkonsentrasi pada kesehatan Anda seperti memperbaiki pola makan, berolahraga lebih banyak, mengurangi stres, atau tidur malam yang nyenyak. Tinggal di lingkungan yang rapi juga mengurangi racun dan debu yang menumpuk di dalam dan di sekitar barang-barang Anda.

– Tampilan Menarik

Menciptakan ruang di interior Anda memungkinkan Anda memamerkan furniture indah, karya seni, dan harta benda paling berharga Anda. Rumah minimalis dapat meningkatkan daya tarik visual ruang Anda serta elemen dekoratif Anda.

– Kebebasan Finansial

Minimalisme memberi Anda kesempatan untuk keluar dari hutang. Alih-alih membelanjakan gaji Anda untuk benda-benda sekali pakai, Anda dapat berinvestasi pada hal-hal yang akan bertahan seumur hidup dan memiliki manfaat jangka panjang.

– Pemeliharaan Mudah

Menghabiskan sepanjang hari untuk membersihkan rumah bukanlah ide yang menyenangkan bagi siapa pun. Rumah minimalis lebih mudah dibersihkan dan dirawat. Sederhananya, semakin sedikit barang yang Anda miliki di rumah, semakin sedikit yang harus Anda bersihkan.

Aturan Gaya Desain Rumah Minimalis

– Less is More

Fondasi dari setiap interior minimalis adalah less is more. Ruang disimpan dalam keadaan sederhana dan setiap bagian dikuratori di setiap ruangan. Jika Anda akan mengadopsi gaya minimalis, Anda harus lebih memikirkan pengaturan interior Anda dan selalu rela mengurangi bagian-bagian yang dirasa terlalu berlebihan.

– Lebih Personal

Ruang minimalis tidak perlu kosong dari kepribadian. Rumah minimalis yang nyaman adalah yang mencerminkan selera pemiliknya dan cara mereka tinggal di ruang tersebut. Entah itu dalam tata letak interior atau pemilihan furnitur, rumah perlu mengakomodasi cara Anda hidup. Anda juga harus menyertakan barang-barang yang bersifat pribadi bagi Anda.

– Memaksimalkan Penyimpanan

Minimalis mungkin kurang menonjol, tetapi itu tidak berarti melepaskan semua barang dan kebutuhan yang Anda perlukan. Setiap sudut perlu dimanfaatkan untuk menaruh barang yang paling dibutuhkan. Dekorasi rumah juga penting dilakukan agar penyimpanan bisa maksimal.

– Mengutamakan Kebersihan Furniture

Furniture dengan garis yang bersih dan dinding kosong sangat penting untuk rumah minimalis. Clutter hilang dan sebagai gantinya, benda dan furniture dibiarkan sesuai keadaan aslinya. Dinding tetap bersih. Tetapi jika Anda ingin memasang lukisan karya seni dan permukaannya bersih dari tumpukan kertas, tumpukan majalah, dan koleksi pernak-pernik yang tidak terkendali.

– Investasi dalam Kualitas

Interior minimalis membangkitkan kualitas daripada kuantitas. Penghuni mendekorasi dengan potongan klasik yang akan bertahan dalam waktu tertentu bahkan dalam penggunaan sehari-hari. Dari pemilihan furnitur besar hingga tempat tidur dan bantal, membeli kualitas akan meningkatkan estetika dalam rumah.

– Ciptakan Dasar Netral

Rumah minimalis klasik selalu dimulai dengan dasar yang netral. Ini menciptakan lingkungan yang tenang dan segar serta pallet-nya mudah dibuat dengan nada dan tekstur warna yang serupa. Basis putih memungkinkan Anda memadukan warna alami abu-abu, cokelat, dan beige.

Menyederhanakan Ruang

– Utamakan Sisi Personal

Amati bagaimana Anda hidup. Apa yang Anda gunakan sehari-hari? Bagaimana Anda berinteraksi dan bergerak di sekitar ruang Anda? Apa saja hal-hal yang dapat Anda hilangkan dari interior Anda?. Memahami bagaimana Anda tinggal di dalam rumah akan memberi Anda wawasan tentang penyesuaian yang dapat Anda lakukan untuk desain interior rumah yang minimalis.

– Terinspirasi

Kumpulkan beberapa gambar rumah minimalis yang menjadi inspirasi Anda. Catat tekstur, palet warna, gaya furniture, dan nuansa keseluruhan rumah untuk memberi Anda titik awal untuk memilih desain minimalis seperti apa yang paling Anda suka.

– Memanfaatkan Ruangan

Merapikan seluruh rumah adalah pekerjaan besar. Jadi, alih-alih merombak setiap kamar, pilih satu untuk memulai. Kemajuan di seluruh rumah dimulai dengan menyelesaikan ruangan satu demi satu.

– Atur Furniture

Perabotan menempati sebagian besar interior Anda, jadi mulailah dengan mengatur bagian-bagian di setiap ruangan. Apakah ada barang yang hanya berdebu? Bisakah Anda mengganti bagian untuk memberi Anda lebih banyak penyimpanan, Apakah furnitur Anda saat ini sesuai dengan yang Anda pilih?.

– Rapikan Bagian Permukaan

Jika Anda telah menggantung barang-barang di dinding hanya karena pengaitnya ada di sana, turunkan dan jangan lakukan itu kembali. Hal yang sama berlaku untuk semua permukaan dinding di rumah Anda. Singkirkan tumpukan majalah di lantai, temukan tempat untuk menaruh barang-barang Anda di tempat penyimpanan yang sesuai.

– Temukan Tempat untuk Semua

Tidak ada yang tidak pada tempatnya dalam interior minimalis. Jika Anda tidak dapat menemukan tempat untuk barang tertentu, ada baiknya bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Ingat, pikirkan kualitas daripada kuantitas.

Mendesain rumah minimalis membutuhkan bantuan desain interior agar bisa memvisualisasikan apa yang Anda inginkan. Anda bisa mempekerjakan desainer interior freelance di Fastwork. Cek di sini untuk syarat dan ketentuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *