Mengenal Kedai 27, Bisnis Kedai Kopi dengan Target 100 Outlet

tribunwarta.com – Apakah Anda sudah kenal dengan Kedai 27, waralaba kedai kopi yang terkenal dengan harganya yang murah meriah?

Didirikan pada 2013, sebenarnya seperti apa bisnis ini dan seberapa besar potensinya untuk mencapai target 100 outlet di akhir 2017?

Para pebisnis, simak pembahasannya berikut ini:

Apa itu Waralaba (Franchise)?

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha. Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan bagaimana memulai usahanya?

Jangan khawatir, kini hadir sebuah solusi bisnis yang praktis dan sederhana, yaitu WARALABA.

Secara umum, waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee).

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

Franchisor dan franchisee berbagi merek yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain. Mengapa demikian?

Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap mempertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Kini bisnis waralaba ini semakin berkembang, sehingga menarik bisnis kuliner yang pastinya tidak pernah mati.

Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan menjabarkan waralaba Kedai 27, bisnis kopi asal Surabaya.

Kedai Kopi

Melansir dari Wikipedia, kedai kopi atau umum disebut warung kopi di Indonesia merupakan sebuah organisasi yang secara esensial menyediakan kopi atau minuman panas lainnya.

Seperti namanya, warung kopi berfokus untuk menyajikan minuman kopi dan teh bahkan makanan ringan.

Kopi sendiri merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara.

Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Di luar negeri, kedai kopi biasa disebut juga café, di mana sajian yang ditawarkan merupakan kopi, teh, dan makanan ringan lainnya.

[Baca Juga: Bisnis Waralaba Kedai Kopi yang Menjanjikan: Daycinno, Starbucks, Coffee Toffee, Anomali Coffee, dan Killiney Kopitiam]

Nah, sudah terbayang bukan apa kedai 27 itu melihat pembahasan di atas?

Betul sekali, kedai 27 adalah sebuah bisnis kedai kopi murah di Indonesia.

Eits, namun bukan berarti kualitasnya murahan loh. Kedai 27 justru mengupayakan cita rasa mewah di balik harganya yang terjangkau.

Penasaran dengan bisnis waralaba yang satu ini? Yuk simak pembahasan mengenai kedai 27 itu sendiri:

Kedai 27, Kopi Berkualitas dengan Harga Murah Meriah

Siapa sih yang tidak menikmati secangkir kopi dengan aromanya yang khas di pagi hari? Nikmat sekali.

Nyatanya, meminum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia. Jumlah penikmat kopi di Indonesia pun kini bisa dibilang cukup tinggi.

Belum lagi, kondisi tanah di Indonesia membuat Indonesia berpotensi sebagai penghasil biji kopi terbesar di dunia.

Dengan demikian, banyak pebisnis dalam negeri yang melirik bisnis kedai kopi.

Bisnis ini sendiri berawal sejak tahun 2013, saat Michael bersama kawan-kawannya mulai bermimpi membangun sebuah bisnis kedai kopi murah yang menawarkan cita rasa pilihan.

Mereka sadar bahwa kedai kopi yang ada saat ini biasanya menawarkan 2 jenis; kedai kopi murah namun kopinya instan; atau kedai kopi mahal dengan biji kopi pilihan.

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

Bisa dibilang, inilah hambatan bagi masyarakat ekonomi menengah untuk menikmati biji kopi pilihan tanpa harus menguras kantong.

Alasan itulah yang mendorong Michael dan teman-temannya memutuskan untuk membuat kedai kopi yang menengahi kebutuhan tersebut:

“Kita memang ingin supaya masyarakat jangan hanya mencicipi kopi instan saja. Kita tawarkan nih minuman yang berasal dari biji kopi pilihan yang asli.”

Mereka meminimalisasi biaya dalam kebutuhan peralatan kedai kopi, misalnya dengan membuat mesin espresso manual, yang disebut push.

Tapi jangan salah, kualitas push setara dengan mesin otomatis yang biasa digunakan café premium, seperti apa yang dipaparkan Michael berikut ini:

“Mesin ini manual. Kalau di luar-luar kan mesin ini otomatis. Namun jadinya harganya lebih mahal, belum listriknya juga yang memakan daya begitu besar. Jadinya kopi yang ditawarkannya pun menjadi sangat mahal.”

Bagi Anda yang bertanya-tanya mengapa namanya Kedai 27, rupanya Michael mengaku bahwa nama ini diambil dari filosofi waktu terbaik kontak air dengan kopi yakni antara 25 hingga 30 detik. Dengan itu diambilah nilai tengah, yaitu 27.

Kedai ini awalnya terletak di Jalan Pucang Surabaya, namun karena perkembangan di sana kurang baik akhirnya dipindahkan ke PTC di Surabaya.

Masih belum puas dengan potensi bisnis di lokasi ini, Michael kemudian mengusulkan pembukaan kedai kopi ini di Surabaya Plaza.

Rupanya keputusan ini sangat bijak, melihat tingginya antusiasme dan sambutan meriah oleh warga Surabaya.

Dari sinilah titik balik kesuksesan bisnis kedai kopi milik Michael dan rekan-rekannya.

Kelebihan Kedai 27

Kopi yang dijual di Kedai 27 memang tergolong murah, yakni berkisar antara 7 hingga 14 ribu rupiah saja. Tidak aneh kopi racikan ini laris manis.

Belum lagi peminat kopi nusantara memang sangat banyak, tidak dibatasi usia, gender, maupun ras.

Kedai 27 bisa dibilang menjawab permintaan pangsa pasar menengah yang belum terpenuhi, sehingga potensi bisnisnya terbilang sangat besar.

Michael sendiri membenarkan hal ini, di mana menurutnya Kedai 27 pada tahun 2017 akan mulai fokus untuk ekspansi ke wilayah Jawa Barat dan Jakarta, hingga seluruh Indonesia.

Michael sendiri tengah membangun kantor di ibu kota Jakarta, yakni di sekitar Bintaro. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan bisnisnya di Jabodetabek. Seperti yang ia paparkan berikut ini:

“Target di tahun 2017 ini kita akan upayakan untuk membuka outlet minimal 100 outlet. Dengan begitu, penyebaran outlet bisa dilakukan secara merata.”

Perkembangan Waralaba Kedai 27

Pada tahun 2015, permintaan kedai 27 terus meningkat, di mana banyak pebisnis luar daerah berminat untuk menjadi mitra bisnis kedai kopi yang sedang naik daun ini.

Dikarenakan tingginya permintaan, akhirnya Kedai 27 membuka peluang waralaba kopi untuk ekspansi ke seluruh Indonesia pada akhir tahun 2015.

Bisnis ini tentunya disambut hangat oleh para pebisnis yang mengincar untuk membuka kedai kopi dengan harga yang terjangkau.

Terlebih lagi, kualitas kopi yang diperoleh sama dengan kedai kopi premium yang umumnya merogoh kocek cukup dalam.

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

Kedai 27 menawarkan menawarkan paket kerja sama sesuai dengan tipe investasinya, yakni senilai 80 juta rupiah ditambah deposit 6 juta rupiah yang akan digunakan untuk bahan baku.

Dengan nilai itu, para mitra akan memperoleh seluruh peralatan dan kelengkapan untuk meracik kopi.

Terlebih, para tenaga kerja atau SDM pun akan menerima pelatihan (training) langsung dari pihak Kedai 27.

Diharapkan para mitra bisa menyajikan kualitas sesuai dengan tagline kebanggaan Kedai 27, yaitu “Nikmat Kopi Sebenarnya!”

Mereka sendiri menawarkan kopi bergaya espresso karena espresso merupakan dasar dari berbagai penyajian kopi. Minuman sendiri disajikan dalam 2 jenis, yaitu varian dingin dan panas.

Ingin Menjadi Mitra Waralaba Kedai 27?

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan target 100 outlet Kedai 27?

Apabila Anda berminat, Anda bisa memperoleh informasi kemitraannya melalui alamat berikut ini:

Ruko Klampis Megah D1-D2

Jl. Klampis Jaya, Surabaya

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis kedai kopi yang murah dan terjamin.

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba Kedai 27 lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017

    Warung Kopi. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/uH83Jy

    Kopi. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/DU392b

Sumber Gambar:

    Kedai 27 (1)- https://goo.gl/3EikAo

    Kedai 27 (2) – https://goo.gl/Q36t9J

    Kedai 27 (3) – https://goo.gl/DfyEi5

    Kopi – https://goo.gl/3jwuST

    Kopi (2) – https://goo.gl/NXd6yi

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *