Mendag Optimistis Fesyen Muslim Indonesia Bisa Menginspirasi dan Kuasai Pasar Global

Mendag Optimistis Fesyen Muslim Indonesia Bisa Menginspirasi dan Kuasai Pasar Global

tribunwarta.com – TANGERANG, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) optimistis industri fesyen muslim Indonesia bisa menginspirasi dan menguasai pasar global. Pasalnya, fesyen muslim Indonesia memiliki berbagai macam model dan warna yang menarik.

“Kalau kita lihat dari negera Timur Tengah, pakaian muslimnya kalau enggak hitam, ya putih. Kalau kitakan beraneka macam modelnya, warnanya juga bagus-bagus. Jadi bisa diterima di belahan dunia mana pun,” kata Mendag Zulhas di ICE BSD, Tangerang, Kamis (20/10/2022).

Dia menambahkan, potensi fesyen muslim sangat besar. Pasalnya, jumlah populasi Muslim akan meningkat di masa depan. Adapun jumlah populasi muslim dunia saat ini sekitar 25 persen dari total populasi dunia. Persentase itu diperkirakan bakal meningkat 30 persen pada 2060.

Selain itu, daya beli produk fesyen muslin juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun sejalan dengan pertumbuhan jumlah konsumen atau populasi muslim. Untuk menangkap pasar yang besar ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kadin Indonesia pun menginisiasi Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023.

Mendag menuturkan, kegiatan JMFW ini jadi salah satu bentuk komitmen pemerintah dan Kadin Indonesia untuk mendorong brand fesyen muslim Indonesia untuk tembus pasar dunia.

“Kami optimistis dengan potensi keragaman budaya dan kearifan lokal dan SDM yang dimiliki Indonesia (fesyen muslim Indonesia) bukan hanya mampu menjadi inspirasi dunia, tapi juga dapat kuasai pasar global,” ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *