Ladies, Begini Caranya Mengatasi Kantung Mata yang Kendur, Bengkak dan Hitam

Ladies, Begini Caranya Mengatasi Kantung Mata yang Kendur, Bengkak dan Hitam

Jakarta: Seiring pertambahan usia, akan ada berbagai perubahan kulit di wajah. Apalagi, jika tanda-tanda penuaan kulit sudah mulai muncul, tanpa disadari kamu akan menemukan beberapa perubahan pada wajahmu. 

Salah satu yang paling terlihat adalah kantung mata yang semakin jelas karena kulitnya mulai mengendur, bengkak hingga warnanya yang menghitam. 

Ada beberapa penyebab yang kerap menjadi pemicu masalah kantung mata. Mulai dari otot-otot di area mata yang semakin melemah sehingga tidak dapat menopang kulit dan jaringan di area mata seperti sebelumnya. Selain itu, jumlah kolagen dan elastin yang diproduksi tubuh juga semakin berkurang sehingga kulit tak lagi kencang dan elastis. 

Bisa juga karena faktor genetik, kurang tidur, terlalu banyak mengonsumsi garam, alergi, stres hingga PMS (Premenstrual Syndrome).

Nah, jika sudah tahu penyebab kantung mata kendur, bengkak dan hitam tentu kamu dapat menghindari beberapa faktor pemicunya ya!

Ladies, Begini Caranya Mengatasi Kantung Mata yang Kendur, Bengkak dan Hitam

(Perawatan dengan krim atau serum mata akan membantu mengencangkan kulit area mata. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Namun, kalau sudah terlanjur kamu enggak perlu bingung, melansir dari L’oreal Paris ada tiga cara yang dianggap efektif untuk mengatasi hal tersebut, seperti:

 

1. Menggunakan kompres dingin

Kompres dingin bermanfaat untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar mata, sehingga kantung mata terlihat mengempis. Kamu bisa mengompres dingin menggunakan sendok makan dari logam, irisan mentimun, dan kapas basah yang disimpan lebih dulu selama beberapa menit di freezer. Kompres mata tertutup selama beberapa menit, lalu ulangi jika kantung mata masih terlihat bengkak. 
 

2. Rawat kantung mata dengan kafein

Kafein merupakan salah satu senyawa yang bersifat vasoconstrictor, yaitu dapat mengecilkan ukuran pembuluh darah. Untuk mendapatkan manfaat kafein ini, kamu dapat menggunakan krim mata atau serum mata dengan kandungan kafein. Kamu juga dapat mengompres mata dengan kantong teh hijau yang sudah diseduh sebelumnya. Simpan kantong teh ini di dalam freezer selama beberapa menit agar dapat dijadikan kompres dingin.

 

3. Merawat kulit area mata 

Perawatan dengan krim atau serum mata dengan kandungan bahan aktif yang tepat akan membantu mengencangkan kulit area mata, termasuk kantung mata kendur. Kulit mata yang terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya juga akan terlihat lebih cerah sehingga masalah kantung mata hitam dapat diatasi. 
(yyy)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *