Kunjungan Kerja ke Jepang, Menaker Optimalkan Program Magang

Kunjungan Kerja ke Jepang, Menaker Optimalkan Program Magang

tribunwarta.com – OSAKA, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, akan mengoptimalkan program magang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Jepang. Hal itu, menjadi agenda kunjungan kerja Menaker ke Jepang.

Menurut Ida, kunjungan kerja ke Jepang dilakukan dalam rangka peningkatan peran Sending Organization dan Supervising Organization untuk mengoptimalkan penyelenggaraan program magang ke Jepang.

Terkait dengan itu, Menaker memanfaatkan kunker ke Jepang untuk mempertemukan Sending Organization dari Indonesia dengan Supervising Organization di Jepang untuk memperluas kesempatan magang di Jepang.

“Keterlibatan peran Sending Organization dan Supervising Organization sangat berpengaruh dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas program pemagangan,” kata Ida saat berdialog dengan Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Osaka, Jepang, Diana Emilla Sari Sutikno, Minggu (27/11/2022).

Ida mengungkapkan penyelenggaraan pemagangan bagi peserta Warga Negera Indonesia di Jepang telah berlangsung selama sekitar 30 tahun, dengan total peserta magang 100 ribu orang.

“Melalui kegiatan ini diharapkan, peran Supervising Organization dapat lebih optimal sehingga kuantitas dan kualitas penyelenggaraan pemagangan di Jepang menjadi lebih baik ke depannya, ” katanya.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Ida meminta dukungan KJRI di Osaka, untuk mengkomunikasikan dengan Pemerintah Jepang dalam mendorong diimplementasikannya skema P-to-P dan perluasan lokasi test keterampilan bagi calon TKI.

Hal itu, terutama untuk penempatan TKI pada program penempatan di bawah skema Specified Skilled Workers (SSW) atau pekerja berketerampilan spesifik agar lebih optimal, khususnya pada sektor building cleaning dan caregiver.

“Kami juga memohon dukungan Ibu Konjen untuk perluasan sektor pada penempatan tenaga kerja di bawah skema Indonesia-Jepang Economic Partnership Agreement (IJEPA), ” ujar Ida.

Melalui kunker ke Osaka ini, Ida berharap dapat memperkuat diplomasi di bidang ketenagakerjaan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang.

“Saya yakin, dengan dukungan Ibu Konjen, diplomasi antara Indonesia dan Jepang di bidang ketenagakerjaan dapat semakin baik dan berkembang, ” kata Ida.

Setelah kunker di Osaka, Menaker direncanakan akan bertolak menuju Tokoyo, untuk mengikuti acara Business Matching di Tokyo Metropolitan Industry and Trade Center Taito Kan, pada 3 Desember 2022.

Editor : Jeanny Aipassa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *