KKN Untag Surabaya Fokus Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

KKN Untag Surabaya Fokus Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Upaya memberdayakan ekonomi masyarakat dengan keilmuan di perguruan tinggi diterapkan secara maksimal dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Tak hanya merencanakan pengabdian masyarakat, para mahasiswa beserta dosen pembimbing juga memaparkan hasil KKN yang mereka lakukan yang difasilitasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Untag Surabaya, Senin (2/7/2022).

Sesuai dengan tema KKN Untag Surabaya 2021-2022 “Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Setelah Masa Pandemi”, Ketua LPPM Untag Surabaya, Aris Heri Andriawan menjelaskan, masa transisi dari pandemi menjadi endemi menjadi salah satu peluang bagi mahasiswa untuk mengambil peran dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan sebagai pemacu pemulihan ekonomi.

“Dari tema besar tersebut, kami breakdown menjadi 4 subtema yaitu Penguatan SDM, Inovasi Pembelajaran, Penguatan UMKM, dan Digitalisasi. Mahasiswa tinggal menyesuaikan kondisi lapangan dengan sub tema yang sudah disediakan oleh LPPM.

Baca juga: Danilo Fernando : Piala Indonesia Bisa Tambah Kemampuan dan Jam Terbang Pemain Persik Kediri

Dengan ini, Untag Surabaya mencoba membantu mempertahankan eksistensi dan mencoba memulihkan ekonomi yang terpuruk selama 2 tahun,” ujar Aris.

Seminar Hasil KKN Reguler 2021-2022 diikuti oleh kurang lebih 30 kelompok KKN Reguler dengan masing masing Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Hasil artikel dari 5 kelompok terbaik akan dipresentasikan pada forum seminar dan diprosidingkan secara berkala.

Turut hadir Supangat MKom ITIL COBIT mengenalkan Pembangunan Desa melalui Digitalisasi yang penting dalam mengembangkan sebuah desa.

“Dengan adanya digitalisasi desa terdapat banyak manfaat diantaranya dapat meningkatkan produktifitas desa, memudahkan akses pendidikan, memperluas jangkauan pemasaran produk usaha desa, dan meningkatkan kualitas SDM yang dapat bersaing di tingkat internasional,”urai pria yang juga menjabat sebagai Direktur Direktorat Sistem Informasi ini.

Tidak hanya sebagai sekedar gugur kewajiban, namun dari kegiatan KKN mahasiswa dipacu untuk mengembangkan intelektual dan intelegensinya yang dituangkan melalui publikasi-publikasi karya.

Hal ini juga melatih fisik dan mental mahasiswa saat terjun langsung kepada masyarakat.

Dengan berlangsungnya serangkaian kegiatan KKN ini, diharapkan benar-benar dapat menjadi implementasi mahasiswa melalui apa yang sudah mereka peroleh, dan dapat menjadi suatu solusi kepada masyarakat yang saat ini memerlukan bantuan.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *