Kementerian Investasi Targetkan 3 Juta NIB Terbit Tahun Ini

Kementerian Investasi Targetkan 3 Juta NIB Terbit Tahun Ini

tribunwarta.com – JAKARTA, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah menerbitkan hampir 2,5 juta Nomor Induk Berusaha (NIB) hingga Oktober 2022 melalui platform Online Single Submission (OSS). Ditargetkan sebanyak 3 juta NIB diterbitkan tahun ini.

“Realisasi sampai dengan Oktober, sudah hampir 2,5 juta NIB. Target tahun ini 3 juta NIB (diterbitkan),” ujar Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia usai Pemberian NIB dikutip dari Antara, Kamis (20/10/2022).

Bahlil menambahkan, melalui sistem OSS berbasis risiko, penerbitan NIB bagi UMKM kini begitu mudah, cepat, dan gratis. Meski demikian, dia mengakui memang masih ada kendala perizinan OSS bagi perusahaan dengan risiko besar.

“Kalau penerbitan NIB di OSS, untuk UMKM hampir tidak ada kendala. Yang perusahaan risiko besar, itu yang memang masih ada problem terkait dengan kami punya data RDTR (Rencana Detail Tata Ruang), izin lokasi. Dan yang kedua menyangkut PBG (Persetujuan Bangunan Gedung). Dua itu saja, lainnya tidak ada isu,” kata dia.

Meski pemerintah sudah menyediakan upaya alternatif terkait kendala RDTR dan PBG itu, Bahlil menyebut perlahan sistem layanan perizinan usaha itu terus diperbaiki.

“Ya namanya aplikasi, dalam waktu setahun menggabungkan 79 undang-undang, peraturan menteri, itu nggak gampang bos. Tapi kita perlahan menuju perbaikan,” tuturnya.

Editor : Aditya Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *