Kejar Target Net Zero Emission 2060, PLN Manfaatkan Co-Firing Biomassa Gantikan Batu Bara

Kejar Target Net Zero Emission 2060, PLN Manfaatkan Co-Firing Biomassa Gantikan Batu Bara

tribunwarta.com – JAKARTA, PT PLN (Persero) terus mengembangkan pemanfaatan biomassa yang didapatkan dari potensi lokal daerah. Upaya ini merupakan salah satu inisiatif PLN untuk mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060.

Direktur Utama PT PLN Indonesia Power (IP) Edwin Nugraha Putra menuturkan, dalam jangka pendek, PLN akan memaksimalkan pemanfaatan co-firing biomassa demi mencapai target NZE pada 2060. Saat ini, ada 13 PLTU yang menerapkan co-firing biomassa dari total 18 PLTU yang telah diuji coba, dan menghasilkan listrik sebesar 269GWh dari co-firing 276kTon biomassa di tahun 2022.

“PLN berkomitmen untuk mengurangi penggunaan batu bara dengan pemanfaatan biomassa untuk co-firing. Fokus yang saat ini dikejar adalah bagaimana meningkatkan co-firing biomassa untuk PLTU sekaligus menguatkan rantai pasoknya,” ujar Edwin dalam keterangannya dikutip, Minggu (4/12/2022).

Dia menambahkan, PLN Group terus mengakselerasi pembangunan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT). Menurutnya, PLN IP telah mengelola 1,5 Gigawatt (GW) pembangkit berbasis EBT yang bertumpu pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

Editor : Aditya Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *