Kadin Indonesia kirim bantuan untuk korban gempa Cianjur

Kadin Indonesia kirim bantuan untuk korban gempa Cianjur

tribunwarta.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Kadin Provinsi Jawa Barat mengirimkan bantuan untuk para korban gempa bumi, terutama di pusat episentrum gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Minggu (27/11).

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Koordinator Bidang Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi Carmelita Hartoto berharap bantuan berupa kebutuhan pokok makanan, pakaian, dan obat-obatan itu dapat meringankan beban korban gempa bumi di Cianjur yang telah meluluhlantakkan rumah-rumah penduduk, infrastruktur, termasuk infrastruktur ekonomi di wilayah tersebut.

“Jenis bantuan diberikan dalam bentuk makanan, obat-obatan, tenda dan alas tidur, selimut, pakaian, serta keperluan bayi. Bantuan diberikan dalam bentuk natura dan disampaikan kepada masyarakat sebagai wujud solidaritas Pengusaha Indonesia terhadap bencana yang dihadapi masyarakat di Kabupaten Cianjur,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Prioritas bantuan utamanya diberikan kepada wilayah-wilayah yang sulit dijangkau dan belum mendapatkan layanan bantuan dari pemerintah atau lembaga-lembaga amal. Daerah tersebut berada di Kecamatan Cugenang yakni Desa Sukamulya dan Desa Galudrah serta di Kecamatan Pacet.

Carmelita menambahkan, Kadin Indonesia juga melakukan pendataan infrastruktur ekonomi dan kerusakan unit-unit bisnis di Cianjur.

“Roda perekonomian masyarakat sangat terdampak akibat dari bencana gempa yang terjadi di Cianjur, belum berjalan normal bahkan mengalami kelumpuhan,” katanya.

Carmelita berharap aktivitas ekonomi masyarakat dapat segera kembali berjalan, sehingga proses pemulihan dapat dilakukan lebih cepat.

Ia juga berharap pengusaha Indonesia untuk bahu membahu memberikan uluran tangan untuk meringankan beban saudara-saudara se tanah air di Cianjur. Carmelita yakin pengusaha Indonesia memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi dan kepedulian yang besar atas musibah yang dialami masyarakat

Ketua Umum Kadin Provinsi Jawa Barat Cucu Sutara menjelaskan pihaknya telah membentuk empat posko yang terdiri dari Posko Utama yang berada di Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas, serta tiga Posko Operasional yang berada di Desa Galudrah Kecamatan Cugenang, Desa Ciputri Kecamatan Pacet, dan Desa Limbangansari Kecamatan Cianjur.

“Posko-posko tersebut dioperasikan oleh Pengurus Kadin Provinsi Jawa Barat yang dibantu tenaga relawan dari daerah setempat. Penyediaan barang-barang kebutuhan dilakukan bekerjasama dengan pengusaha lokal di Cipanas dan Pacet. Diharapkan penggunaan tenaga lokal dan sumber daya lokal ini akan memberikan dampak positif bagi ekonomi Cianjur,” tambah Cucu.

Pendistribusian bantuan dilakukan dengan menggunakan sepeda motor untuk dapat menjangkau daerah-daerah yang belum terjamah bantuan dan untuk mempercepat distribusi bantuan ke masyarakat. Sebanyak 15 sepeda motor telah dikerahkan untuk mengirim bantuan.

Kadin Indonesia membuka dompet peduli bencana di Sekretariat Kadin Indonesia yang terletak Menara Kadin, Jakarta Selatan. Bantuan dana dapat disampaikan langsung ke rekening Bank Mandiri Cabang Graha Mitra, dengan nomor 0700010178395 atas nama Yayasan Kemanusiaan Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *