Jenazah Tjahjo Kumolo Disalatkan di Masjid Quba Kantor Kemenpan RB

Jenazah Tjahjo Kumolo Disalatkan di Masjid Quba Kantor Kemenpan RB

Jakarta: Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo akan disalatkan di Masjid Quba Kantor Kemenpan RB. Tjahjo meninggal pada Jumat, 1 Juli 2022.
 
Sebelum disalatkan, Tjahjo akan dibawa ke ke Rumah Dinas Menpan RB di Jl Widya Chandra IV No 22, Jakarta Selatan, untuk disemayamkan. Selanjutnya, jenazah Tjahjo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.
 
Tjahjo meninggal pada pukul 11.10 WIB, Jumat, 1 Juli 2022. Politikus senior PDI Perjuangan itu tutup usia akibat menderita sakit komplikasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum mengalami komplikasi, Tjahjo mengaku kelelahan akibat bekerja. Selain itu, Tjahjo telah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo lebih Pria kelahiran Surakarta ini meraih gelar sarjana di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, pada 1985. Dia pun pernah mengenyam pendidikan di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), Jakarta (1994).
 
Tjahjo Kumolo menjabat Menteri Dalam Negeri Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2014. Dia juga dipercaya menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sejak 23 Oktober 2019.
 
Karier politik Tjahjo dimulai dengan bergabung sebagai anggota partai penguasa di era orde baru, Golongan Karya (Golkar). Dia pernah menjadi anggota parlemen dari Golkar. Tjahjo terpilih sebagai anggota legislatif dari Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 1987-1992.
 

Setelah Indonesia memasuki era reformasi, Tjahjo pun beralih ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mempelopori gerakan politik oposisi terhadap rezim pemerintahan orde baru. Dia kemudian dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR periode 1999-2002.
 
Dia kembali terpilih menjadi anggota DPR periode 2009–2014 dari PDIP dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR serta anggota Komisi I yang melakukan pengawasan dan kemitraan dengan pemerintah di bidang pertahanan, luar negeri, dan informasi.
 
Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jendral DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015. Pada periode kepengurusan sebelumnya di partai berlambang banteng kekar itu, Tjahjo menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDIP.
 

(JMS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *