Jababeka Raih Penghargaan di Ajang CSR Pemprov Jawa Barat

Jababeka Raih Penghargaan di Ajang CSR Pemprov Jawa Barat

tribunwarta.com – JAKARTA – PT Jababeka Tbk (Jababeka) berhasil meraih penghargaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari Forum CSR Jabar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Forum CSR Jabar ini merupakan ajang tahunan untuk mengapresiasi perusahaan yang terus berkontribusi kepada masyarakat Jawa Barat dan yang telah menjadi mitra CSR Pemprov Jawa Barat dalam membantu agenda pembangunan Jawa Barat.

Jababeka di ajang penghargaan tersebut memboyong dua penghargaan sekaligus, yakni sebagai Top Partners Award dan Water Sanitation Hygiene (WASH) Award atas kinerja program CSR yang dilakukan selama 2022. Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat kepada Agung Wicaksono selaku Managing Director Jababeka Infrastruktur yang mewakili manajemen Kawasan Industri Jababeka-Cikarang.

“Penghargaan ini merupakan testimoni yang membuktikan bahwa kontribusi Jababeka bukan hanya untuk profit bagi perusahaan saja. Akan tetapi, juga untuk memberikan dampak nyata atau manfaat bagi masyarakat sekitar di Cikarang, di Kabupaten Bekasi, di Provinsi Jawa Barat dan seluruh bangsa Indonesia,” kata Agung Wicaksono setelah menerima penghargaan.

Menurut Wicak – sapaan akrabnya, penghargaan yang didapat Jababeka tak lepas dari adanya keselarasan program CSR Jababeka di tahun 2022 dengan agenda pembangunan Provinsi Jawa Barat di 2022. Di 2022, Jababeka masih terus konsisten untuk menjalankan program CSR Jabat atau Jababeka Bersahabat, mulai dari Jabat Alam, Jabat Sosial hingga Jabat Ekonomi.

Lebih lanjut, Wicak menyampaikan bahwa program CSR Jababeka di tahun 2023 juga akan menyelaraskan dengan lima prioritas CSR Jawa Barat di 2023 yang ditetapkan Gubernur Jawa Barat-Ridwan Kamil. Mulai dari sumber daya manusia – yang salah satu problem terbesarnya ialah stunting, masalah sosial, green economy dan transformasi kapasitasi penyelenggara negara.

Menariknya, aku Wicak, lima prioritas tersebut sangat selaras dengan prioritas dalam upaya pengembangan Kawasan Jababeka- Cikarang yang berfokus di bidang lingkungan dan pendidikan.

“Prioritas pertama soal peningkatan SDM, ini selaras dengan upaya Jababeka untuk menjadi (kawasan) Jababeka di Cikarang untuk jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pendidikan dan teknologi, yang fokusnya adalah untuk mengembangkan SDM. Jadi, dengan itu, kita akan bangun usaha tapi juga pada saat yang sama membangun manusia,” kata Wicak.

Kemudian, tambah Wicak, salah satu prioritasnya sangat erat dengan lingkungan. Di mana sirkular ekonomi, sustainability dan energi terbarukan merupakan hal-hal yang menjadi bagian komitmen Jababeka. Contohnya, penggunaan maggot untuk mengolah sampah organik menjadi barang daya guna dan bernilai ekonomis. “Sehingga sampah mengalami proses sirkular ekonomi. Kemudian, kita juga memanfaatkan energi terbarukan dengan PLTS yang sedang dibangun di atas WTP (water treatment plant) Jababeka Infrastruktur,” urai Wicak.

“Ketiga, prioritas yang juga penting ialah membangun good governance atau pengelolaan pemerintahan yang berkualitas, dan Jababeka dengan peran City Council yang ada di dalam kawasan, kita akan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mewujudkan pilar kelima dari prioritas CSR Jawa Barat untuk 2023. Dan, kami yakin, kami bisa berkontribusi untuk mewujudkan Kabupaten Bekasi Berani, Jabar Juara untuk Indonesia Raya,” tutup Wicak.

Adapun dalam ajang penghargaan tersebut, acara dibuka dengan JAPRI (Jabar Punya Informasi). Kegiatan ini diisi Ridwan Kamil sebagai narasumber yang menginformasikan pencapaian pembangunan Jawa Barat yang berhasil dibantu melalui pelaksanaan CSR perusahaan.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil juga mengajak perusahaan-perusahaan di Jawa Barat untuk terus bersinergi dalam menjalankan program CSR perusahaan demi Percepatan Pencapaian SDGs Jawa Barat melalui lima prioritas atau isu strategis pembangunan Jawa Barat pada tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!