Ingin Punya Asuransi? Simak Tips agar Asuransi Terjamin dan Aman

Ingin Punya Asuransi? Simak Tips agar Asuransi Terjamin dan Aman

tribunwarta.com – Calon nasabah asuransi perlu untuk memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memiliki polis asuransi.

Pasalnya, memiliki asuransi adalah komitmen jangka panjang. Oleh karena itu, sangat perlu untuk calon memegang polis sekurang-kurangnya memerhatikan rekam jejak dari perusahaan asuransi.

Head of Sequis Digital Channel Super You by Sequis Online Antonius Tan mengatakan, untuk mendapatkan solusi proteksi asuransi yang tepat, tentu perlu memperhatikan untuk membeli asuransi di perusahaan yang reputasinya terjamin.

“Untuk itu, disarankan melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari informasi lengkap seputar perusahaan asuransi. Coba lihat-lihat dulu bagaimana track record dan performa perusahaan asuransi tersebut saat menangani nasabah dalam beberapa tahun terakhir,” ujar dia dalam siaran pers, Kamis (1/12/2022).

Dengan begitu, ia bilang, calon pemegang polis dapat mengira-ira seberapa aman perlindungan yang akan diterima dan dana yang akan disetorkan dalam bentuk polis tersebut.

Selain itu, calon pemegang polis juga dapat memperhatikan kekuatan keuangan perusahaan asuransi melalui besaran risk based capital (RBC).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri memiliki ambang batas bawah RBC perusahaan asuransi sebesar 120 persen

Selain itu, kondisi aset dan neraca keuangan juga dapat dilihat melalui laporan keuangan yang dipublikasikan di media.

Lebih lanjut, calon nasabah perlu untuk memastikan perusahaannya memiliki underwriter yang berpengalaman dan ahli.

Antonius menjelaskan, regulasi mensyaratkan perusahaan memiliki tenaga ahli di kantor pusat, ajun ahli di seluruh cabang, dan juga tenaga aktuaris.

“Perhatikan juga gambaran tentang kualitas jasa yang telah diberikan oleh perusahaan, seperti berapa lama proses penerbitan polis, pelayanan atau servis tambahan yang diberikan, kualitas rekanan yang ditunjuk seperti rumah sakit, klinik, dan laboratorium,” imbuh dia.

Sebagai informasi, kanal digital Sequis, Super You by Sequis Online hingga November 2022 berhasil menghimpun premi sebesar lebih dari Rp 20 miliar sejak awal Super You diluncurkan 3 tahun yang lalu.

Perusahaan memiliki target untuk mendorong pendapatan premi sebanyak Rp 15 miliar tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!