Gubernur Sulut Yakin Kerja Sama dengan Korea Selatan Menguntungkan

Gubernur Sulut Yakin Kerja Sama dengan Korea Selatan Menguntungkan

Manado: Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yakin kerja sama dengan Korea Selatan akan memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kedua pihak. 
 
“Kami optimistis kerja sama yang dibangun ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Orang Manado suka jalan-jalan, dan mereka nantinya datang juga ke Korsel,” ujar Gubernur Olly di Manado, Minggu, 18 September 2022.
 
Menurut Gubernur, jarak tempuh penerbangan antara Jeju dan Sulawesi Utara yang kurang lebih lima jam, ini menjadi daya tarik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, perjalanan laut dari Korsel ke Sulut bisa dilakukan melalui pelabuhan Bitung.
 
“Saya perlu informasikan pelabuhan Bitung adalah pelabuhan alam. Diapit dua pulau. Selain indah, pelabuhan ini tidak terganggu arus dan angin maupun perubahan cuaca yang ada,” katanya.
 
Olly juga mengajak ‘Busan Port Authority’ berivestasi di Bitung dengan potensi besarnya.
 
“Dan Bitung sudah ada daerah ekonomi khusus (KEK Bitung) daerahnya sampai ke pantai,” sebut Gubernur.
 

Gubernur Olly saat menandatangani nota kesepahaman bersama JEJU Air sebelumnya membeberkan potensi Sulut dilihat dari ekonomi Nyiur Melambai, geopolitik, geostrategi, pariwisata hingga kesiapan infrastruktur, fasilitas hotel, serta fasilitas lainnya.
 
Perekononian Sulut semakin bertumbuh dan maju, Pemprov Sulut bekerja sama dengan Lion Air dan MM Trevel membuka rute penerbangan langsung dari kota-kota di Tiongkok ke Manado, dan kerja sama ini meningkatkan perekonomian kedua negara, namun karena pandemi covid-19, kunjungan turis ke Sulut dan kerja sama terganggu.
 
“Sebelum covid-19, 200 ribu lebih turis dari Cina datang di Sulut,” ucapnya.
 
Di sisi lain, Sulut terletak di dua provinsi penghasil nikel, Maluku Utara dan Sulawesi Tengah, bahkan Hyundai sudah berinvestasi di sana.
 
Gubernur Olly Dondokambey saat bersama-sama dengan rombongan Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri ke Korea Selatan melirik potensi pasar perikanan dan kelautan serta perdagangan negara tersebut.
 
Ia berkunjung ke salah satu pusat pembelanjaan Pasar Garak di Korsel berjalan mengelilingi pasar tersebut dan melihat industri perikanan yang dijual di pasar yang terletak di Seoul tersebut.

 

(MEL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *