Gara-Gara Ini Nilai Tukar Rupiah Melemah terhadap Dolar AS, Paling Keok Se-Asia!

Gara-Gara Ini Nilai Tukar Rupiah Melemah terhadap Dolar AS, Paling Keok Se-Asia!

tribunwarta.com – Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS hari ini. Melansir RTI, rupiah hari ini ambruk ke kisaran level Rp15.430 per dolar AS dan menjadi mata uang paling keok se-Asia.

Hingga saat ini, rupiah terkoreksi sedalam -1,21% ke level Rp15.433 per dolar AS pada Senin, 17 Oktober 2022. Rupiah dibuat tak berdaya oleh dolar Australia (-1,73%), poundsterling (-1,76%), dan euro (-1,44%).

Di Asia, rupiah ambruk menjadi mata uang terlemah. Dengan kata lain, rupiah melemah atas won (1,51%), yuan (-1,32%), yen (-1,27%), dolar Hong Kong (-1,24%), dolar Singapura (-1,23%), baht (-1,03%), ringgit (-0,77%), dan dolar Taiwan (-0,69%).

Pelemahan rupiah hari ini masih dibayangi oleh sentimen global. Selain sentimen kenaikan suku bunga The Fed, rupiah juga tertekan oleh kekhawatiran pasar terhadap potensi resesi global. Kekhawatiran tersebut diperkuat oleh laporan perlambatan ekonomi dunia dan potensi gagal bayar sejumlah negara yang dirilis Dana Moneter Internasional (IMF).

“Sentimen The Fed dan kekhawatiran pasar terhadap potensi resesi global masih memberikan tekanan ke rupiah,” pungkas pengamat pasar uang, Ariston Tjendra. dilansir dari Antara, Senin, 17 Oktober 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!