Diguncang Hebat Sepanjang Tahun, Kekayaan Mayoritas Orang Terkaya Dunia Anjlok Dalam-Dalam!

Diguncang Hebat Sepanjang Tahun, Kekayaan Mayoritas Orang Terkaya Dunia Anjlok Dalam-Dalam!

tribunwarta.com – Tahunini merupakan tahun yang buruk untuk menjadi miliarder. Setelah penambahan triliunan dolar kekayaan kolektif mereka pada tahun 2020 dan 2021, orang-orang terkaya di dunia diguncang oleh pasar saham yang goyah selama 12 bulan, perang di Eropa, dan inflasi yang merajalela.

Alhasil, sebagai sebuah kelompok, miliarder planet ini telah kehilangan USD1,9 triliun pada tahun 2022, menurut perkiraan Forbes, dengan kekayaan kolektif mereka turun dari USD13,8 triliun pada Hari Tahun Baru menjadi USD11,9 triliun pada 9 Desember.

Jumlah miliarder juga turun, dari 2.671 menjadi 2.523, per pelacak waktu-nyata Forbes. Sebagaimana diketahui, maestro terkenal seperti Sam Bankman-Fried, Kanye West, dan pendiri Rivian RJ Scaringe telah turun dari peringkat ini.

Melansir Forbes di Jakarta, Kamis (22/12/22) tidak ada yang terpukul lebih keras daripada lebih dari 300 miliarder teknologi dunia yang secara kolektif telah kehilangan lebih dari USD1 triliun pada tahun 2022.

Setelah beberapa tahun yang riuh ketika ledakan pandemi dan investor yang terlalu bersemangat meningkatkan saham teknologi dan penilaian perusahaan rintisan, banyak hal anjlok kembali ke bumi.

Perusahaan memangkas biaya, merumahkan pekerja dan menarik IPO. Saham Amazon telah merosot hampir 50%, membantu mengurangi lebih dari USD80 miliar (Rp1.245 triliun) kekayaan bersih pendiri Jeff Bezos.

Saham Google-parent Alphabet turun 36%, dan memangkas lebih dari USD40 miliar (Rp622 triliun) masing-masing dari kekayaan pendiri Larry Page dan Sergey Brin.

Saham Microsoft telah turun 27% hingga 9 Desember, merusak kekayaan salah satu pendiri Bill Gates dan mantan CEO Steve Ballmer, meskipun tahun buruk Gates sebagian besar adalah perbuatannya sendiri dengan memberikan hadiah USD20 miliar (Rp311 triliun) kepada Bill & Melinda Gates Foundation.

Mark Zuckerberg, yang dikategorikan Forbes sebagai media & hiburan, turun sekitar USD78 miliar (Rp1.214 triliun) lebih miskin tahun ini, karena saham Meta Platforms induk Facebook telah turun 66%.

Pecundang terbesar tahun 2022 sejauh ini adalah Elon Musk, yang diklasifikasikan Forbes sebagai miliarder otomotif karena sebagian besar kekayaan bersihnya berasal dari pembuat kendaraan listrik Tesla. Musk telah diingatkan tentang fakta itu oleh investor yang telah mendorong harga saham Tesla turun 60% hingga 20 Desember tahun ini karena kekhawatiran Musk menghabiskan terlalu banyak waktu dan uang di mainan terbarunya, Twitter.

Musk telah kehilangan lebih dari USD115 miliar (Rp1.791 triliun) kekayaannya pada tahun 2022, menurut hitungan Forbes. Dia mengawali tahun sebagai orang terkaya di planet ini dengan margin yang sangat besar, sekitar USD70 miliar (Rp1.090 triliun) di depan gembong barang mewah Prancis, Bernard Arnault. Musk kehilangan posisi teratas dari Arnault awal bulan ini dan kekayaan bersihnya terus merosot.

Miliarder Amerika telah kehilangan paling banyak tahun ini, dengan kekayaan kolektif sekitar USD660 miliar.

Selain kerugian besar yang diderita oleh Musk dan miliarder teknologi bangsa, pengusaha Amerika seperti salah satu pendiri Nike Phil Knight juga turun USD18,3 miliar (Rp285 triliun).

China, yang menghadapi tantangan Covid-19, protes domestik, dan permintaan global yang merosot, tidak bernasib lebih baik. Miliarder China turun secara agregat USD620 miliar (Rp9.656 triliun) dengan pecundang besar termasuk salah satu pendiri Alibaba Jack Ma, yang dilaporkan tinggal di Jepang setelah tindakan keras China.

Sementara itu, perang dengan Ukraina terus berdampak pada orang-orang terkaya Rusia, yang telah terkena sanksi dan kesulitan ekonomi, menyebabkan penurunan sekitar USD150 miliar (Rp2.336 triliun) dalam total kekayaan bersih para miliarder negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *