Cerita Claudya Christiani Membangun Bisnis Make Up Artist Sejak Kuliah

Cerita Claudya Christiani Membangun Bisnis Make Up Artist Sejak Kuliah

tribunwarta.com – Saat ini, bidang fashion dan beauty menjadi salah satu tren usaha yang menjanjikan, termasuk bisnis jasa make up artist ( MUA ).

Claudya Christiani, seorang make up artist muda dalam negeri turut membangun bisnis di bidang ini.

Padahal sebelumnya, Claudya ingin masuk sekolah kedokteran setelah lulus pendidikan menengah atas di 2016, tapi ia justru beralih tujuan mendalami bidang make up.

“Aku dulu penginnya jadi dokter di dermatologi, tapi deep inside aku memang lebih suka art (seni), hanya memang belum berani untuk bilang ke orangtua,” ujar Claudya saat wawancara bersama Kompas.com pada Selasa (3/1/2022).

Setelah melalui perjuangan masuk ke fakultas kedokteran di beberapa perguruan tinggi yang penuh tantangan, Claudya mendapat dorongan dari sang adik untuk memberanikan diri mulai mencari tahu seputar sekolah make up.

Apalagi, pada masa itu, make up sedang menjadi topik yang tren di berbagai kalangan dan media sosial.

Ia pun memberanikan diri untuk mendaftar di sekolah make up dan meminta dukungan kedua orangtuanya, yang ternyata membuahkan hasil.

“Waktu ternyata diterima, aku langsung didukung mereka. Menurut mereka, kalau mau masuk dunia make up, ya lakukan ini dulu saja. Siapa tahu memang passion aku di sini,” ungkap Claudya.

Memulai Karier dan Bangun Pengalaman sebagai MUA Sejak Kuliah

Claudya pun menempuh pendidikan make up-nya di Lasalle College Indonesia. Sejak masih masa kuliah itu, Claudya perlahan mulai merintis karies sebagai make up artist dengan menggarap project kecil.

“Sambil kuliah, aku tuh juga ambil job rias, misalnya untuk project sekolah modelling atau bantu teman-teman di sekolah perfilman,” tutur Claudya.

Berbekal pengalaman itu, Claudya semakin familiar dan meningkatkan kemampuannya dalam rias wajah untuk keperluan shooting atau photoshoot.

“Karena portofolio aku banyak yang hasil photoshoot, walaupun ada ambil job untuk event-event juga, tapi akhirnya lebih banyak melakukan rias untuk keperluan shooting atau komersil,” jelas Claudya.

Dari yang awalnya hanya mengandalkan alat-alat make up yang terbatas, kini Claudya sudah memiliki rim dan merekrut anak magang untuk membantunya di beberapa project.

“Sampai sekarang, aku sudah pernah tiga kali punya anak intern (magang). Mereka ikut sama aku setiap hari untuk belajar dan boleh ikut make up juga,” ujar Claudya.

Tantangan Menjadi Seorang Make Up Artist

Setiap usaha, pasti tidak selamanya mulus dan akan menghadapi tantangan. Bisnis MUA pun tidak lepas dari hal tersebut.

Kesan glamor dan estetik yang melekat, membuat banyak orang tidak mengetahui bahwa bidang ini perlu memiliki mental yang kuat dan management waktu yang baik.

“Kalau ingin jadi MUA itu pasti perlu fleksibel soal waktu. Kamu enggak pernah tahu harus bangun jam satu pagi atau 12 malam misalnya untuk berangkat kerja,” ungkap Claudya.

Menurut Claudya, masyarakat secara umum mungkin mengira pekerjaan seorang MUA dapat selesai dalam waktu yang singkat. Nyatanya bisa jauh di luar dugaan.

“Mungkin orang-orang tahunya MUA kerjanya sebentar, padahal sebenarnya kalau kita ambil job untuk iklan atau photoshoot, itu bisa aja crew call nya dari jam empat atau lima pagi,” tambahnya.

Claudya juga menambahkan, tantangan tidak berhenti sampai di management waktu, tapi bagaimana seorang MUA harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi konsumen dengan opini dan tuntutannya masing-masing.

Belum lagi jika ada yang memberikan komplain, seorang MUA perlu bijak dan cerdas dalam menghadapinya.

Oleh karena itu, merintis usaha MUA tidak hanya soal skill atau kemampuan merias wajah. Perlu adanya komitmen dan dedikasi yang besar untuk dapat terus melakukan dan mengembangkannya.

Selama 6 tahun ke belakang merintis bisnis MUA ini, Claudya banyak memiliki pengalaman merias berbagai sosok, bahkan hingga public figure ternama sekali pun.

Ia juga mengaku, pernah mendapatkan project unik dan cukup besar untuk beberapa klien hingga bisa pergi ke luar negeri.

Pencapaian lain yang juga paling berkesan bagi Claudya adalah berkesempatan untuk bertemu dengan Pat McGrath, make up artist ternama asal Inggris yang sudah melegenda.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!