Catat! Rights Issue Semen Indonesia Dieksekusi Desember 2022

Catat! Rights Issue Semen Indonesia Dieksekusi Desember 2022

tribunwarta.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) akan melakukan aksi korporasi Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue di akhir tahun ini. Hal tersebut bagian dari konsolidasi PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) supaya bisa bergabung dengan Semen Indonesia Grup.

Direktur Utama Semen Indonesia Donny Arsal mengungkapkan, Peraturan Pemerintah (PP) sudah keluar dan perizinan dari kementerian terkait yaitu Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian BUMN juga sudah diperoleh. Sehingga, saat ini tinggal menunggu pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)”Saat ini kita registrasi ke OJK, akhir bulan ini atau Insya Allah besok ekspektasi efektif dari pernyataan pendaftaran bisa kita terima,” ungkapnya di gedung DPR RI Jakarta, Selasa (29/11/2022).Donny melanjutkan, rencananya recording date rights issue tersebut pada tanggal 14 Desember 2022. Sehingga akhir tahun rencana ini sudah dapat terealisasi.

“Settlement tanggal, 20 (Desember 2022) jadi Insya Allah kalau semua lancar bisa dikonsolidasikan di akhir tahun,” imbuhnya.Adapun aksi korporasi tersebut, Donny menambahkan, untuk memperkuat posisi perseroan sama persaingan di Sumatra.Sebagai informasi, kepemilikan pemerintah yang akan diserahkan kepada Semen Indonesia sebesar 25%. Setelah proses ini dilakukan pihaknya akan melakukan perbaikan kinerja Semen Baturaja.Dony juga menjelaskan setelah rights issue dilakukan tidak diadakan tender offer, karena pemegang saham tertinggi dikontrol oleh pemerintah. Rencananya aksi ini juga akan dilakukan pada 2022 ini.Rencana tersebut sudah mengantongi restu pemegang saham di RUPSLB pada 4 November 2022 lalu. Perusahaan pun menyatakan bahwa sebesar 60% dari dana hasil rights issue akan digunakan untuk dekarbonisasi melalui program ESG (Environmental, Social, and Governance).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!