BRI Dorong Pelaku Usaha Go Global Lewat UMKM EXPO(RT), Targetkan 40 Buyer Internasional

BRI Dorong Pelaku Usaha Go Global Lewat UMKM EXPO(RT), Targetkan 40 Buyer Internasional

tribunwarta.com – JAKARTA, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyelenggarakan BRI UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022. Program ini dirancang bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk go global.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan agar dapat melakukan ekspor dan masuk pasar internasional karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Adapun UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur merupakan salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM.

“BRI melihat adanya peluang besar bagi produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” kata dia di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Ada 500 UMKM yang siap memperlihatkan keunikan, kualitas, dan kisah di balik produk, bahan baku, serta material ramah lingkungan, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses produksi yang beragam kepada audience nasional hingga buyer internasional dari 19 negara. Kategori produk UMKM yang ditampilkan, antara lain Home Decor & Craft, Fashion & Wastra, dan Healthcare atau Wellness melalui Indonesia’s Finest.

Rangkaian pameran UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur 2022 yang diselenggarakan secara tahunan ini meliputi Expo dan Virtual Expo, Bazaar Online, Business Matching, Ngobrol Bisnis, Ngobrol Pintar, Ketawa Bareng, Dari Lokal Jadi Kece, Serba Serbu, Yuk Berkreasi, Tiba-Tiba Shopping, Nusantarasa, Cerita Wastra, Music Performance, dan UMKM dan business matching Awards. Seluruh rangkaian acara ini melibatkan UMKM untuk memberikan kesempatan meningkatkan publikasi kepada masyarakat sehingga ber-impact pada peningkatan penjualan produk-produk mereka.

BRI kali ini kembali menghadirkan business matching antara pelaku UMKM binaan terpilih dengan buyer internasional. BRI bekerja sama dengan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Atase Perdagangan (ATDAG) Kementerian Perdagangan, Kantor Dagangan dan Ekonomi Indonesia (KDEI) serta berkolaborasi dengan Overseas Network BRI dan Bank Representative BRI yang berada di luar negeri.

Program ini mempunyai target sebanyak 40 buyer internasional yang diundang dari 19 negara akan mengikuti rangkaian acara virtual business matching ini mulai dari 6-8 Desember 2022.

“Dengan adanya kerja sama yang dibentuk oleh BRI tersebut tentunya akan semakin membantu para UMKM yang akan go global untuk semakin mudah menembus pasar internasional,” ucapnya.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengaku optimistis target volume transaksi gelaran ini bisa menembus 75 juta dolar AS. Meningkat dibanding tahun lalu senilai 72 juta dolar AS.

“Berapa target volume transaksi? kita harapkan, kalau tahun lalu 72 juta dolar AS, tahun ini kita harapkan minimal 75 juta dolar AS deal,” ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *