BRI dan KedaiSayur Memperluas Ekosistem Digital Pertanian

BRI dan KedaiSayur Memperluas Ekosistem Digital Pertanian

BRI dan KedaiSayur Memperluas Ekosistem Digital Pertanian
Foto : Kedai Sayur

PT Kedai Sayur Indonesia (KedaiMart) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkolaborasi membentuk ekosistem digital untuk menjadi solusi terhadap permasalahan pembelian hasil panen (offtake) dan permodalan yang dihadapi para petani Indonesia.

Kerja sama ini seiring dengan penandatanganan  nota kesepahaman yang ditandatangani oleh CEO KedaiSayur Adrian Hernanto dan Agribusiness Division Head BRI Mochamad Choliq serta Value Chain Solution Division Head BRI, Achmad Suadi di Kantor BRI Jakarta pada Senin pekan ini.

Pembentukan ekosistem digital diharapkan akan menguntungkan seluruh stakeholder dalam ekosistem ini; didalamnya termasuk namun tidak terbatas pada jaminan offtake dan pemberian fasilitas kredit dan jasa perbankan kepada para petani mitra binaan. Salah satu halangan yang dihadapi oleh para petani selain dari ketersediaan modal kerja, adalah tidak adanya jaminan offtake pada saat panen tiba dan ketidakpastian harga.

Persoalan ketersediaan modal kerja dan ketiadaan jaminan offtake tersebut diamati oleh Kedai Sayur dan BRI yang berujung pada kerjasama pembentukan ekosistem digital pertanian. Kedai Sayur akan berperan sebagai off-taker yang akan membantu petani membeli hasil panennya dengan skema harga yang menguntungkan pihak petani. Sementara, BRI akan berperan sebagai pemberian fasilitas kredit dan jasa perbankan.

Kerja sama ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap setiap pihak, khususnya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani yang berkesinambungan. “Kami percaya program kolaborasi ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi para petani. Semoga kerja sama yang terjalin ini dapat memberikan akses bagi para petani dan dapat membantu pertumbuhan bisnis mereka. Relasi bank dengan petani akan lebih kuat  dengan adanya kepastian harga jual dan pesanan dari kami,” ujar Adrian Hernanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (30/8/2022).

KedaiMart adalah sebuah e-grocery platform yang memiliki kelengkapan produk dengan bahan segar, kualitas terjaga dan pilihan dari merek terpercaya dalam satu platform. KedaiMart sebagai channel penjualan langsung ke konsumen (B2C) dari KedaiSayur, akan menjadi salah satu omnichannel yang menjual hasil panen petani dari program ini. KedaiSayur kini melakukan ekspansi tidak saja secara B2C melainkan juga business to business (B2B).

Pasokan dari petani juga akan didistribusikan ke berbagai industri seperti restoran dan hotel. “Kolaborasi antara BRI dan KedaiSayur memberikan solusi praktis dengan menggunakan ekosistem digital bagi pelaku UMKM terutama para petani dan pedagang sayur di Indonesia,” ujar Choliq.

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *