Bos BI Pasang Badan Jaga Stabilitas: Nilai Tukar Rupiah Ngegas, Dolar AS Hari Ini Terhempas!

Bos BI Pasang Badan Jaga Stabilitas: Nilai Tukar Rupiah Ngegas, Dolar AS Hari Ini Terhempas!

tribunwarta.com – Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS dan mata uang global. Melansir RTI, rupiah terapresiasi 0,21% ke level Rp15.533 per dolar AS pada Jumat, 21 Oktober 2022. Dolar AS dan mata uang regional dibuat tunduk secara bersamaan oleh rupiah.

Menjadi mata uang terbaik Asia, rupiah menghijau atas won (1,10%), yuan (0,79%), baht (0,78%), dolar Taiwan (0,66%), ringgit (0,52%), dolar Singpura (0,40%), yen (0,37%), dan dolar Hong Kong (0,22%).

Rupiah hari ini menguat signifikan sejalan dengan aksi Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 bps menjadi 4,75% pada Oktober 2022. Kenaikan suku bunga tersebut dilakukan salah satunya untuk memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah supaya sejalan dengan nilai fundamentalnya. Selain itu, kenaikan suku bunga acuan juga dilakukan untuk mendorong inflasi inti tetap terjaga.

“Kenaikan suku bunga acuan ini juga untuk memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah agar sejalan dengan nilai fundamentalnya akibat semakin kuatnya mata uang dolar AS dan tingginya ketidakpastian pasar keuangan global, di tengah peningkatan permintaan ekonomi domestik yang tetap kuat,” tegas Gubernur BI, Perry Warjiyo, usai RGD BI pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!