Begini cara teknologi offside semi-otomatis bekerja di Piala Dunia 2022

Begini cara teknologi offside semi-otomatis bekerja di Piala Dunia 2022

Selama pertandingan di kedua ajang ini, teknologi baru dapat mendukung ofisial pertandingan video dengan membantu mereka membuat keputusan offside yang lebih akurat dan lebih dapat direproduksi dalam waktu yang lebih singkat.

Data yang dikumpulkan selama tes online dan offline telah dianalisis dan divalidasi oleh MIT Sports Lab, dengan TRACK di Victoria University secara ilmiah memvalidasi teknologi pelacakan tungkai. Wawasan lebih lanjut tentang kemampuan teknologi sistem pelacakan multi-kamera semacam itu disediakan oleh tim peneliti di ETH Zurich.

Tes lebih lanjut akan dilakukan dalam beberapa bulan mendatang untuk menyempurnakan sistem sebelum standar global diterapkan untuk memastikan bahwa teknologi baru dapat digunakan di dunia sepak bola.

Semua detail tentang pengaturan teknologi offside semi-otomatis dan teknologi bola yang terhubung akan dipresentasikan kepada tim yang lolos ke Piala Dunia FIFA 2022 di Lokakarya Tim di Doha pada 4 dan 5 Juli dan kemudian dibagikan kepada publik.

“Pada Piala Dunia FIFA 2018, FIFA mengambil langkah berani untuk menggunakan teknologi VAR di panggung terbesar dunia, dan itu terbukti sukses yang tak terbantahkan,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

Menurut Gianni, teknologi offside semi-otomatis merupakan evolusi dari sistem VAR yang telah diterapkan di seluruh dunia. Teknologi ini adalah puncak dari tiga tahun penelitian dan pengujian khusus untuk memberikan yang terbaik bagi tim, pemain, dan penggemar yang akan menuju Qatar akhir tahun ini, dan FIFA bangga dengan pekerjaan ini, karena itu kami menantikan dunia melihat manfaat dari teknologi offside semi-otomatis di Piala Dunia FIFA 2022.

“FIFA berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan permainan sepak bola di semua tingkatan, dan penggunaan teknologi offside semi-otomatis di Piala Dunia FIFA 2022 adalah bukti yang paling jelas,” ujar Gianni.

Sementara Pierluigi Collina, ketua Komite Wasit FIFA, mengatakan bahwa VAR telah memiliki dampak yang sangat positif pada sepak bola dan kita dapat melihat bahwa jumlah kesalahan besar telah berkurang secara dramatis.

“Kami berharap teknologi offside semi-otomatis dapat membawa kami selangkah lebih maju. Kami menyadari bahwa terkadang proses untuk memeriksa kemungkinan offside memakan waktu terlalu lama, terutama ketika insiden offside sangat ketat. Di sinilah teknologi offside semi-otomatis masuk – untuk menawarkan keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat.”

“Pengujian telah sukses besar dan kami sangat yakin bahwa, di Qatar, kami akan memiliki alat pendukung yang sangat berharga untuk membantu wasit dan asisten wasit membuat keputusan terbaik dan paling tepat di lapangan permainan. Saya tahu seseorang menyebutnya ‘robot offside’; ini bukan. Wasit dan asisten wasit tetap bertanggung jawab atas keputusan di lapangan,” ucap Collina.

Senada dengan itu, Johannes Holzmüller, Direktur Teknologi dan Inovasi Sepak Bola FIFA, menyatakan bahwa ofisial pertandingan akan memiliki pengaturan offside semi-otomatis dengan 12 kamera dan bola pertandingan resmi dengan teknologi bola terhubung di semua stadion di Piala Dunia FIFA 2022. Teknologi baru ini akan memberikan peringatan offside real-time kepada ofisial pertandingan video menggunakan kecerdasan buatan.

“Karena ofisial pertandingan video akan mengontrol kualitas keluaran ini, kami masih mengacu pada sistem sebagai ‘offside semi-otomatis’ karena ofisial pertandingan video harus memvalidasi keputusan yang diusulkan dan kemudian memberi tahu wasit di lapangan. Dengan menggunakan data yang sama persis untuk membuat animasi 3D untuk penggemar di stadion dan pemirsa TV, penggemar akan menerima visualisasi situasi offside yang cepat dan akurat. Proses ini dikembangkan dengan masukan dari Panel Pengalaman Penggemar FIFA,” pungkas Holzmüller.


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *