Bank OCBC NISP Yakin Bisnis Cash Management Tumbuh Double Digit Tahun Ini

Bank OCBC NISP Yakin Bisnis Cash Management Tumbuh Double Digit Tahun Ini

tribunwarta.com – PT Bank OCBC NISP Tbk optimistis bisnis cash management akan mengalami pertumbuhan double digit pada 2023, meski akan ada beberapa tantangan yang menerpa sektor perbankan seperti kenaikan suku bunga.

Cash Management Division Head Bank OCBC NISP Amran Setiawan mengatakan, selama pandemi Covid-19, pihaknya mampu mencatatkan pertumbuhan melebihi target yang sudah ditetapkan. Padahal perilaku nasabah di segmen cash management selama pandemi cenderung menyimpan uangnya di tabungan.

Namun kini setelah pandemi, nasabah cenderung mengeluarkan uangnya untuk melakukan ekspansi bisnis. Oleh karena itu dia yakin kinerja bisnis cash management tahun ini akan lebih baik dari saat pandemi.

“Kalau untuk target di 2023 harusnya semuanya sudah double digit (pertumbuhannya) karena hampir tidak ada sih yang angkanya single digit. Karena kalau (tumbuhnya) single digit saja kan artinya apa bedanya dengan saat pandemi?” ujarnya kepada awak media di Lewis & Carroll, Jakarta, Kamis (5/1/2022).

Dia mengungkapkan, bisnis cash management diukur dari pendapatan bunga bersih (net interest income/NII) dan pendapatan berbasis komisi (fee based income) di mana keduanya berhasil memenuhi target pada tahun 2022.

“Di 2023 secara KPI kita tidak banyak berubah. Jadi tetap di balance, di revenue, dan beberapa non-financial aspect,” ucapnya.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan mengembangkan layanan self help untuk nasabah, memperkuar layanan digital onboarding untuk nasabah UMKM dan korporasi, serta melakukan cross solution dengan segmen bisnis lain.

Di tahun ini, pihaknya akan fokus membidik tiga segmen industri, yaitu logistik, kesehatan, dan pendidikan. Pasalnya, ketiga segmen ini memiliki prospek yang cukup besar meskipun tantangan di sektor perbankan cukup beragam ke depannya.

Untuk itu meskipun dia optimistis terhadap kinerja bisnis cash management di tahun ini, dia juga tetap mewaspadai tantangan yang ada.

“Kita cukup optimis, tapi kita optimis ini kan bukan berarti tidak ada tantangan ya. Tapi tentu saja tantangan selama masa pandemi dengan tantangan masa transisi atau after pandemic ini kan agak beda ya,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *