Anak Usaha SIG Raih Proyek Pekerjaan Jalan DKI Jakarta

Anak Usaha SIG Raih Proyek Pekerjaan Jalan DKI Jakarta

tribunwarta.com – JAKARTA – Anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), PT Pendawa Lestari Perkasa (PLP), menandatangani Kontrak Kegiatan Pembangunan/Peningkatan Jalan-Jalan Strategis di Provinsi DKI Jakarta dengan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Bidang Jalan dan Jembatan.

Kontrak dengan cakupan pengerjaaan sejumlah proyek strategis jalan dan jembatan di Provinsi DKI Jakarta ini, ditandatangani oleh Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Bernhard. F. M. Gultom, dan Direktur PLP, Widodo Ariawan.

Direktur PLP, Widodo Ariawan, mengatakan, dalam cakupan kontrak kerja sama ini, PLP akan berperan sebagai penyedia jasa konstruksi solusi StilCrete, mulai dari manajemen lalu lintas penutupan lajur jalan, pekerjaan pembongkaran jalan eksisting, pembuangan hasil bongkaran, pengecoran, hingga pekerjaan selesai dan jalan siap digunakan serta dilewati kendaraan kembali. Pekerjaan akan dimulai di malam hari dan jalan dibuka kembali keesokan harinya.

“Proyek peningkatan infrastruktur ini akan meningkatkan kapasitas jalan seluas 1.700 m2 di area yang sering tergenang air laut akibat banjir rob, yang menyebabkan beton berpotensi mengalami penurunan performa dan korosif pada pembesian yang ada di dalamnya. Kondisi tersebut membutuhkan material khusus agar konstruksi mempunyai durabilitas yang tinggi,” papar Widodo dalam keterangan tertulis, Rabu (30/11/2022).

Konstruksi Berkelanjutan

Disebutkan Widodo, StilCrete merupakan solusi untuk permasalahan yang muncul pada pekerjaan struktur beton di wilayah dengan kandungan sulfat dan klorit yang tinggi, yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada struktur beton dan korosif pada tulangan besi. Hal ini menyebabkan performa beton tidak mampu menahan dan melindungi tulangan serta beton itu sendiri, sehingga aplikasi StilCrete pada infrastruktur atau bangunan yang bersinggungan langsung dengan air laut dinilai sangat cocok. Besi di dalam struktur bangunan tersebut akan aman dari penetrasi sulfat dan klorida yang dapat menimbulkan korosif.

Solusi StilCrete kata dia, memiliki keunggulan tahan terhadap penetrasi sulfat dan klorida, low permeability, tahan lama, mudah dikerjakan, low shrinkage, kuat tekan tinggi, dan kuat lentur tinggi. Solusi StilCrete ini juga menggunakan material yang ramah lingkungan. “Tingkat durabilitas solusi StilCrete yang lebih tinggi dibandingkan beton biasa juga membuat pemeliharaan terhadap serangan sulfat dan klorida menjadi sangat minim, sehingga mampu menghemat total cost ownership. Dengan demikian, penggunaan solusi StilCrete pada konstruksi jalan dan jembatan di DKI Jakarta mendukung perwujudan konstruksi berkelanjutan yang efisien dan ramah lingkungan,” imbuhnya.

Pada tahun 2019, PLP dan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta juga telah melakukan pengembangan solusi StilCrete ini melalui trial mockup di Jl. Kamal Muara, Jakarta Barat. Hasil evaluasi pengembangan solusi StilCrete tersebut menunjukan hasil kinerja jalan yang baik dan sesuai dengan rencana, sehingga aplikasi StilCrete untuk jalan/jembatan yang tergenang air laut akibat banjir rob bisa dilaksanakan tahun ini.

“Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta memiliki semangat yang sama dengan SIG, yaitu turut menciptakan kondisi kehidupan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat dan mengambil bagian dalam membangun kondisi kehidupan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang, serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs 2030) yang dicanangkan pemerintah. Ini akan menjadi percontohan bagi semua pihak untuk menerapkan konstruksi berkelanjutan. Khususnya, StilCrete menggunakan semen yang ramah lingkungan namun mempunyai durabilitas tinggi sehingga meningkatkan umur dari konstruksi jalan/jembatan di Provinsi DKI Jakarta”, ujar Widodo.

Dikatakan, SIG tidak hanya menawarkan solusi penyediaan bahan bangunan semen, tapi juga mencakup produk turunan dan jasa konstruksi seperti yang diberikan unit bisnis PLP, serta Nathabumi yaitu divisi khusus yang memberikan layanan solusi pengelolaan sampah dan limbah secara berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!