7 Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik dan Bermanfaat 

7 Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik dan Bermanfaat 

7 Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik dan Bermanfaat 
Foto: istimewa/ilustrasi

Hari ke hari kebutuhan kita terus memperlihatkan kenaikan. Bukan hanya kebutuhan pokok saja, namun kebutuhan lainnya juga ikut bergerak naik. 

Hal itu menuntut kita untuk bekerja keras lagi dalam mendapatkan penghasilan. Belum lagi untuk merencanakan masa depan dengan memiliki banyak tabungan dan invetasi untuk keperluan jangka panjang.

Keberadaan uang memang sangat penting, bahkan uang ini bisa jadi salah satu bentuk motivasi bagi setiap orang untuk bisa melanjutkan hidup ke arah yang lebih baik seiring dengan bekerja dan berkarya.

Tetapi seringkali uang yang didapat enggak cukup untuk memenuhi kebutuhan, karena tingginya kebutuhan serta keinginan yang dimiliki.

Oleh karena itu, diperlukan pengaturan keuangan yang baik supaya dapat memenuhinya tanpa masalah yang berarti.

Mengutip dari Kompas, berikut ini ada tujuh manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengelola keuangan dengan baik:

#1 Melatih untuk Menjalankan Pola Hidup Hemat

Hidup yang lebih hemat bukanlah hidup yang pas-pas-an bahkan serba kekurangan. Hidup hemat adalah hidup dengan berkecukupan, bahkan bisa mewujudkan apa yang diinginkan.

Ini adalah manfaat dasar yang pasti kamu dapatkan jika berhasil mengelola keuangan dengan baik.

Atur keuangan kamu di setiap bulannya, dengan mendahulukan kewajiban, kebutuhan serta menghilangkan atau meniadakan utang yang bisa menimbulkan masalah dalam keuangan kamu.

Hemat juga dapat mengontrol pengeluaran kamu yang mungkin sering berlebihan dan menjaga agar tetap tidak melakukan pemborosan.

#2 Berlatih Untuk Lebih Tertib dan Teratur

Selain hemat, jika dapat mengelola keuangan dengan baik, lihat saja, hidup kamu akan lebih tertib dan teratur ke depannya. Segala hal yang diinginkan, termasuk kebutuhan kamu sendiri dan keluarga selalu terencana dengan detil.

Tidak hanya kebutuhan pokok, sesuatu yang bisa bikin kamu segar lagi seperti pergi berlibur, berwisata religi dan kebutuhan jasmani lainnya bisa juga kamu wujudkan, dengan begitu kehidupan akan menjadi lebih seimbang.

#3 Mengurangi Stres

Stres adalah masalah kesehatan yang bisa membahayakan kamu. Jika stres sudah terlalu akut, tentu kamu juga tahu itu berisiko mendatangkan penyakit bahkan (amit-amitnya) menimbulkan kematian.

Oleh karena itu, mulailah kelola keuangan kamu dengan baik sekarang juga.

Hindari hal-hal yang dapat memicu stres, seperti utang yang besar, pinjaman yang belum lunas karena bunga semakin tinggi, serta gaya hidup yang berlebihan dan masalah keuangan lainnya

Yang sekiranya memang memicu penyakit stres ini, buatlah pikiran kamu lebih ringan dengan banyak menabung saja.

#4 Memiliki Perencanaan Masa Depan yang Lebih Baik

Jika sudah bisa berhemat dan menjalani hidup dengan lebih ringan tanpa masalah utang, bisa dipastikan bahwa perencanaan masa depan kamu juga jauh lebih baik.

Pasalnya, saat semua terencana dan teratur dengan baik apa yang kamu inginkan untuk masa depan nanti, bukan tidak mungkin akan terjadi. Inilah manfaat yang akan terasa oleh kamu baik sekarang maupun nanti.

#5 Bisa Memiliki Perlindungan Dari Kejadian yang Tidak Terduga

Berjalannya hidup terkadang penuh dengan ketidakpastian. Pasalnya, kita enggak pernah tahu apa yang sewaktu-waktu bisa menimpa kita di hari esok, lusa dan seterusnya.

Dalam hal ini tentunya risiko terburuk yang bisa dihadapi yang membutuhkan perlindungan untuk diri kita atau keluarga kita.

Dengan mengatur keuangan secara maksimal, kamu juga akan memikirkan tentang hal ini, bagaimana memilih perlindungan yang sesuai untuk kita, misalnya dalam bentuk asuransi atau investasi.

Keuangan yang teratur pastinya akan memiliki pos khusus untuk masalah ini.

#6 Menghindarkan Diri Dari Utang

Percayalah bahwa keberadaan utang hanya manis di awal, namun pahit di akhir.

Kita harus melunasi uang yang kita pernah pinjam ke lembaga keuangan, atau kepada pihak tertentu, dengan adanya kelebihan uang berupa bunga yang cukup besar.

#7 Utamakan Sedekah

Hampir sebagian orang percaya bahwa dengan sedekah akan membawa kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup ini. Untuk bisa bersedekah dengan maksimal, tentunya kita perlu mengatur keuangan kita terlebih dulu.

Tidak akan ada kerugian yang kamu terima, sekalipun jika rajin bersedekah. Bahkan uang tersebut akan tergantikan dengan rezeki yang lebih banyak lagi untuk kamu.

Manfaat lain yang didapat dari bersedekah adalah rasa sosial kemanusiaan kita akan lebih terasah lagi dan menebal sehingga rasa bahagia itu akan muncul.

Itulah ketujuh manfaat dari mengatur keuangan secara baik, lakukan sekarang juga jika ingin keuangan mu lebih terkendali dan hidup mu bisa jadi lebih baik lagi.

Artikel ini diproduksi oleh tim Finansialku.com untuk www.swa.co.id 


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *