6 Sektor Mulai Terkontraksi Gejolak Ekonomi Global, Berpotensi PHK Karyawan

6 Sektor Mulai Terkontraksi Gejolak Ekonomi Global, Berpotensi PHK Karyawan

tribunwarta.com – JAKARTA, Ada 6 sektor yang mulai terkontraksi gejolak ekonomi global dan berpotensi melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawan.

Direktur Celios, Bhima Yudhistira, mengatakan gejolak ekonomi global tak hanya memukul perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi digital, tetapi juga masuk ke sektor riil.

“Jika dilihat, ada 6 sektor yang mulai terkontraksi dan berpotensi terjadi PHK, antara lain sektor pakaian jadi berorientasi ekspor, kehutanan dan penebangan kayu, industri kimia farmasi, industri rokok, industri furnitur, dan tanaman pangan,” kata Bhima, kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta, Sabtu (10/12/2022).

Dia mengungkapkan, kondisi gejolak global yang penuh ketidakpastian masih berlanjut. Bahkan, perekonomian global di tahun depan dihantui potensi resesi.

Oleh sebab itu, lanjutnya, ada 5 langkah antisipasi resesi yang perlu dilakukan pemerintah, yaitu:

1. Percepat realisasi belanja pemerintah terutama dalam rangka 40 persen pengadaan barang jasa di isi produk lokal dan UMKM

2. Harus menjaga stabilitas harga pangan terutama beras agar inflasi bisa terkendali dibawah 4 persen

3. Menyarankan pemerintah untuk melakukan relaksasi pajak khususnya penurunan tarif PPN untuk menstimulus belanja kelas menengah dan atas.

4. BUMN perlu memperluas serapan tenaga kerja baru, misalnya merekrut para korban PHK di startup

5. Pemerintah harus memberikan tambahan perlindungan sosial baik bansos dan BSU kepada pekerja yang rentan di-PHK.

Editor : Jeanny Aipassa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *