12 Kesalahan dalam Bisnis yang Harus Dihindari Pemula dalam Berbisnis!

12 Kesalahan dalam Bisnis yang Harus Dihindari Pemula dalam Berbisnis!

tribunwarta.com – Apakah kamu tertarik menjadi seorang pengusaha? Tepas sekali, jadi seorang pengusaha tentu menjanjikan meskipun juga dibarengi dengan resiko. Bahkan, usaha modal kecil sekalipun perlu direncanakan dengan baik.

Hal ini untuk menghindarkan kamu dari kesalahan dalam bisnis yang mungkin berdampak fatal. Apalagi kamu yang masih pemula perlu banyak belajar berbisnis dan mengelola apa saja kesalahan dalam berbisnis tersebut.

Kesalahan dalam Bisnis

Hal terpenting dalam menjalankan bisnis adalah tidak mengulangi kesalahan yang sama yang dapat merusak bisnis, bahkan akan sulit diperbaiki dan bangkit.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali kesalahan dalam bisnis yang sering dilakukan pemula yang belum berpengalaman, seperti berikut ini:

1. Terlalu Banyak Masukan Bisnis

Meskipun bagus untuk mendapatkan masukan atau saran dari pakar bisnis, terlalu banyak juga tidak baik.

Ini tidak terkecuali, maka cobalah untuk filter daftar bisnis yang spesifik untuk bisnis yang sama dengan kamu. Jadi, kamu juga tidak kehilangan waktu yang berharga.

2. Memaksa untuk Berhasil dengan Cepat

Biasanya, dibutuhkan 15-20 tahun untuk mencapai kesuksesan. Jika kamu berharap menjadi kaya dalam semalam, maka mungkin berkecil hati lebih awal dan menyerah pada impian sebelum waktunya.

Ketahuilah bahwa kesuksesan membutuhkan waktu, tekad, dan sedikit keberuntungan. Berikan waktu bisnis kamu untuk bisa terus berkembang.

3. Mengabaikan Konsumen

Kamu mungkin pernah mendengar ungkapan di dunia bisnis bahwa konsumen adalah raja. Artinya, kamu harus mengutamakan konsumen dalam segala hal, termasuk produk yang Anda tawarkan.

Dalam hal ini, sangat penting untuk memperkenalkan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Jika tidak, produkmu tidak akan laku di pasaran.

4. Kurangnya Hubungan Bisnis

Hubungan adalah salah satu hal yang paling penting ketika memulai bisnis. Pasalnya, jika tidak menjalin hubungan bisnis dengan hubungan bisnis, maka akan mengalami kesulitan.

Misalnya, jika kamu ingin memasuki pasar baru, maka harus bisa membangun hubungan dengan para ahli yang sudah bekerja di dunia tersebut. Ini membuka peluang bagi kamu untuk menjangkau mereka dengan lebih mudah.

5. Percaya Tidak Ada Persaingan

Bahkan, jika kamu memiliki akses terbaru, terhebat, dan belum pernah ada sebelumnya ke sesuatu, jangan menganggap kamu tidak memiliki pesaing. Persaingan lebih dari pesaing langsung dan nyata karena persaingan juga bisa semua opsi yang tersedia.

6. Kontak dengan Pelanggan Terputus

Buat apa punya media sosial jika tidak pernah update dan menggunakannya untuk terhubung dengan pelanggan?

Jangan hanya update konten dan jual kembali, buatlah percakapan yang mengarah ke engagement dalam bentuk share, like dan komentar untuk menumbuhkan followers.

7. Mengabaikan Peringkat atau Komentar

Ulasan dari pelanggan yang senang dengan layanan atau produkmu bisa menjadi jembatan bagi brand untuk menjangkau pelanggan potensial lainnya.

Sekitar 64-75% konsumen online lebih termotivasi untuk membeli secara online setelah mendapat ulasan positif sebelumnya.

8. Mengambil Keputusan Tanpa Pertimbangan Matang

Kebanyakan pebisnis pemula tidak memikirkan dampak jangka panjang dari setiap tindakan yang mereka lakukan. Padahal, hal ini sangat penting untuk menentukan arah masa depan perusahaan.

Itulah mengapa penting bagi kamu untuk benar-benar memahami cara kerja bisnis. Cobalah berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman atau profesional yang memahami dasar-dasar menjalankan bisnis.

9. Investasi Sembarangan

Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi di perusahaan manapun, teliti bisnis dengan baik terlebih dahulu. Luangkan waktu dan uji perusahaan untuk melihat apakah itu memiliki masa depan yang cerah.

Jika perlu, cobalah berkonsultasi dengan pakar di forum atau komunitas untuk mendapatkan gambaran tentang bisnis yang akan kamu jalankan.

10. Tidak Memiliki Tujuan Komersial

Tujuan sama pentingnya dengan modal yang diinvestasikan. Ini sama dengan tujuan menentukan arah perusahaan kedepannya. Tanpa tujuan yang jelas, kamu akan kesulitan mengukur bisnis dan menilai apakah kinerjanya sesuai dengan keinginan.

Setelah itu, kamu bisa memperbaikinya dengan mengembangkan strategi yang lebih baik agar perusahaan tidak rugi.

11. Operasi Jangka Panjang

Kesalahan dalam bisnis yang juga sering terjadi adalah sudah memiliki tujuan dan strategi bisnis, tetapi tidak segera bertindak atau menerapkannya. Ada banyak alasan yang dipertimbangkan perusahaan sebelum mengambil tindakan walaupun ini dapat mengambil momentum yang baik dari bisnis jika waktu dihabiskan untuk merencanakan sesuatu untuk waktu yang lama.

12. Mudah Percaya

Kesalahan dalam bisnis yang tidak kalah fatal adalah para pebisnis mudah mempercayai orang-orang tertentu. Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus penipuan di dunia bisnis.

Maka dari itu, sebagai pebisnis pemula, kamu harus berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan bujuk rayu yang cukup manis. Tetap rencanakan dengan matang jangan mudah tergiur.

Nah, itulah kesalahan dalam bisnis yang perlu dihindari jika kamu masih pemula. Berjalan lah perlahan namun jelas dan kamu yakin atas rencana bisnis yang sudah kamu siapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *