100.000 Perawat Inggris Bakal Mogok Kerja, Pertama dalam 106 Tahun

100.000 Perawat Inggris Bakal Mogok Kerja, Pertama dalam 106 Tahun

tribunwarta.com – LONDON, Sebanyak 100.000 perawat anggota serikat perawat terbesar di Inggris, Royal College of Nursing (RCN) di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara akan melakukan mogok kerja pada Kamis (15/12/2022). Ini sebagai bentuk protes atas gaji dan kondisi kerja mereka yang buruk.

Ratusan ribu perawat tersebut akan melakukan aksi serupa pada 20 Desember 2022. Ini adalah pertama kalinya dalam 106 tahun sejarah RCN melakukan aksi mogok di Inggris. Aksi ini dipicu krisis biaya hidup yang memangkas daya beli perawat hampir tiga tahun sejak pandemi Covid-19.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Layanan Kesehatan Nasional negara itu belum pernah melihat skala ini (aksi mogok perawat) seperti ini sampai sekarang,” kata Billy Palmer, rekan senior di Nuffield Trust, sebuah perusahaan riset kesehatan, dikutip dari CNN Business, Selasa (13/12/2022).

RCN sebelumnya memiliki kebijakan tidak ada pemogokan. Namun pada 1995, serikat pekerja mengubah aturannya, mengizinkan pemogokan selama tidak mengganggu perawatan pasien.

“Keselamatan pasien selalu yang terpenting,” tulis RCN di situsnya.

Adapun dalam aksi mogok mendatang, ada beberapa perawat yang akan terus bekerja. RCN berjanji untuk mempertahankan layanan kritis, termasuk perawatan kemoterapi dan dialisis, selama pemogokan dilakukan pada Desember 2022.

Para perawat bergabung dengan ratusan ribu pekerja Inggris lainnya yang melakukan aksi mogok bulan ini, termasuk karyawan kereta api, pekerja pos, dan sopir ambulans. Aksi mogok dipicu masalah gaji, yang gagal mengimbangi inflasi ke level tertinggi 41 tahun sebesar 11,1 persen pada Oktober.

Editor : Jujuk Ernawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *