Travel  

10 Tempat Wisata di Halmahera Barat Terbaru & Paling Hits

10 Tempat Wisata di Halmahera Barat Terbaru & Paling Hits

tribunwarta.com – Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Karena melimpahnya kekayaan alam, tidak heran jika banyak tempat wisata yang tersebar di berbagai daerah. Salah satunya adalah Halmahera Barat yang merupakan bagian wilayah di Provinsi Maluku Utara. Kabupaten ini menyimpan beragam pesona keindahan alam.

Hal tersebut terbukti dengan adanya banyak objek wisata yang menarik dikunjungi disana. Mulai dari wisata teluk, pegunungan, pantai, sampai tempat tinggal burung yang tergolong satwa langka pun ada. Menariknya lagi, tempat-tempat wisata di Halmahera Barat banyak yang menjadi destinasi favorit para wisatawan karena mempunyai spot-spot instagramable.

Sehingga tidak hanya orang dewasa saja yang senang berwisata di daerah ini, namun juga anak-anak muda yang gemar berfoto selfie dan mencari spot-spot foto terbaik untuk latar belakang foto mereka. Pemandangan alam yang disuguhkan di Halmahera Barat begitu memukau sehingga sangat recommended untuk dikunjungi sebagai objek wisata.

1. Pantai Idamdehe

Pantai Idamdehe termasuk pantai perawan karena lokasinya tersembunyi. Yang menarik dari pantai ini yakni adanya aliran air yang memiliki suhu panas karena merupakan pantai vulkanik. Aliran air laut di bagian utara bersuhu panas karena asalnya dari sumber panas bumi, namun aliran air di bagian selatan bersuhu dingin.

Sehingga pantai yang terletak di Desa Idamdehe ini memiliki daya tarik tersendiri karena adanya dua aliran air laut dengan suhu yang berbeda. Jika diukur dari Kota Jailolo bagian pusat, lokasinya berada kurang lebih 12 kilometer. Akses menuju ke lokasi bisa menggunakan motor atau mobil dalam waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Pasir Pantai Idamdehe begitu halus sehingga aman digunakan untuk anak-anak bermain pasir. Untuk anak-anak muda dan orang dewasa bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati pemandangan pesona bawah laut. Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di ufuk barat.

2. Telaga Todoke

Halmahera Barat tidak hanya mempunyai pantai vulkanik saja, namun juga memiliki danau vulkanik bernama Telaga Todoke yang berlokasi di kawasan gunung. Karena merupakan danau vulkanik, maka suhu air danau terasa panas. Danau ini dikelilingi pegunungan yang konon kabarnya masih sering aktif hingga saat ini.

Meski begitu, jika para wisatawan berkunjung ke Telaga Todoke saat pegunungan di sekelilingnya sedang aman-aman saja, mereka akan dikejutkan oleh eksotisme danau yang begitu indah. Untuk menuju ke danau tersebut, para wisatawan membutuhkan tenaga ekstra karena harus melewati jalanan yang terbilang cukup panjang.

Hal tersebut dikarenakan belum adanya akses yang tergolong memadai. Danau yang terletak di Kecamatan Ibu Utara, tepatnya di Desa Togoreba Sungi bisa dikunjungi dengan menggunakan motor melalui Pelabuhan Jailolo selama kurang lebih 2,5 jam. Danau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan pecinta trekking.

3. Pantai Pastofiri

Halmahera Barat memang kaya akan wisata pantai dengan pesona keindahan yang tiada duanya. Salah satunya adalah Pantai Pastofiri yang berlokasi di Kecamatan Jailolo. Pantai cantik ini populer dengan pesona alam yang memperlihatkan keindahan bawah laut sehingga menjadi lokasi spot diving favorit bagi para wisatawan.

Pastofiri adalah daratan mungil dengan luas kurang dari 1 hektar yang dikelilingi lautan. Pemerintah mengembangkan kawasan pantai ini dengan membangun gazebo yang disebar ke beberapa titik supaya bisa digunakan para wisatawan untuk beristirahat serta menikmati pemandangan indah yang disuguhkan oleh pantai ini.

Suasana yang ditawarkan begitu asri dan teduh karena terdapat pepohonan yang berderet dan tumbuh menjulang. Kegiatan yang bisa dilakukan para wisatawan disana adalah salah satunya menyewa boat atau perahu motor dengan berkeliling di kawasan pantai. Keberangkatan menuju ke pulau ini bisa melalui Gilolo Dive Center.

4. Pantai Bobanehena

Pantai Bobanehena termasuk pantai favorit para wisatawan terutama yang hobi diving karena pantai ini kerap disebut sebagai surga bagi para penyelam. Pesona alam bawah laut yang disuguhkan begitu mempesona. Air lautnya begitu jernih sehingga tampak tumbuhan karang di bawah laut yang terlihat alami.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan para wisatawan di pantai yang berada di Kecamatan Jailolo tersebut yakni bermain pasir, snorkeling, dan juga berenang. Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati keindahan pesona matahari terbenam. Udara disana terasa sejuk karena dikelilingi pepohonan hijau serta perbukitan yang berjajar.

5. Mercusuar Tanjung Bobo

Para wisatawan yang ingin menikmati pesona alam melalui cara lain yakni dengan mengunjungi Mercusuar Tanjung Bobo. Dari mercusuar ini para wisatawan bisa memandang lanskap perbukitan, lautan biru, serta pepohonan hijau dari ketinggian. Mercusuar tersebut terletak di Kecamatan Jailolo, tepatnya di Desa Bobo.

Ketinggiannya mencapai 40 meter jika diukur dari atas tanah. Pemandangan alam yang indah bisa disaksikan dari Mercusuar Tanjung Bobo dengan sisi 360 derajat. Yang terpenting adalah jangan lupa mengisi baterai kamera hingga penuh karena akan sangat disayangkan jika tidak menyetok banyak foto saat berada disana.

6. Gunung Gamkonora

Berwisata ke Halmahera Barat tidak akan membosankan karena terdapat beragam tempat wisata alam. Selain wisata pantai, daerah ini juga mempunyai wisata gunung yang populer Bernama Gunung Gamnokora. Pemandangan eksotis serta udara yang sejuk ditawarkan kepada para wisatawan oleh gunung tersebut.

Yang menarik dari Gunung Gamnokora adalah adanya sebuah tempat indah yang lokasinya tersembunyi. Tempat tersebut dinamakan dengan kawah Gunung Gamnokora. Lokasinya tersembunyi karena terletak di tengah-tengah pegunungan. Kawah tersebut mempunyai air berwarna biru yang begitu jernih.

7. Kawasan Pengamatan Burung Bidadari

Burung Bidadari termasuk salah satu spesies burung yang hidup di daerah Halmahera Barat. Burung tersebut termasuk spesies burung yang langka sehingga terancam punah. Lokasi kawasan pengamatan burung langka ini berada di Desa Kali Batu Putih. Para wisatawan yang bisa melihat burung ini termasuk wisatawan yang beruntung.

Burung Bidadari pada mulanya ditemukan di tahun 1858 oleh seseorang yang bernama Alfred. Dilihat dari tubuhnya yang berukuran kecil dan mempunyai corak beragam, satwa yang dilindungi ini kerap dinamakan cenderawasih kecil.

8. Pulau Damar

Pulau ini termasuk ikon wisata Halmahera Barat yang terletak di Desa Idamdehe. Terdapat beberapa fakta menarik mengenai destinasi bahari tersebut, salah satunya yakni adanya legenda mengenai perubahan kapal perang menjadi sebuah karang yang memiliki ukuran besar. Tidak disangka bahwa dulunya pulau ini adalah kapal perang.

Kapal perang tersebut berhasil dikalahkan oleh seseorang yang berpengaruh besar di Desa Idamdehe bernama Saiya. Semakin lama, kapal perang berubah menjadi batu karang berukuran besar. Sehingga jika diperhatikan dari kejauhan, bentuk pulau tersebut begitu unik. Terlebih lagi lokasinya dikelilingi oleh lautan.

Untuk menjangkau Pulau Damar, para wisatawan hanya bisa menggunakan transportasi kapal. Para wisatawan bisa berjalan kaki dalam waktu kurang lebih 1 jam dari Desa Idamdehe menuju ke pulau tersebut. Lautan biru, bebatuan besar yang alami, dan biota laut yang beraneka ragam bisa disaksikan di Pulau Damar.

9. Bukit Senyum

Kawasan perbukitan yang berlokasi di Kecamatan Jailolo menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Sesuai namanya, setiap wisatawan yang berkunjung akan dibuat tersenyum oleh tempat wisata ini karena lanskap alam di sekitarnya membuat hati para wisatawan menjadi tenang dan damai.

Pemandangan yang disuguhkan berupa jajaran bukit dimana puncak bukitnya menawarkan pesona alam berupa hutan yang lebat, lautan yang biru, dan juga teluk yang mengelilingi bukit. Untuk menuju ke lokasi, para wisatawan membutuhkan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit berangkat dari pelabuhan.

Bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Senyum 5000 karena Pemerintah Daerah dulu membangun beberapa gazebo di kawasan bukit ini. Kemudian para warga setempat membuat palang dengan tulisan ‘senyum lima ribu’. Palang tersebut bermakna siapapun yang mau berfoto disana diharuskan membayar Rp 5ribu.

10. Air Terjun Kahatola

Selain wisata gunung, pantai, dan bukit, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan air terjun di Halmahera Barat. Lokasi Air Terjun Kahatola berada di pulau yang lokasinya ada di tengah laut. Air terjun ini berlokasi di Kecamatan Loloda, tepatnya di Desa Kahatola dengan daya tarik yang membuat wisatawan terpesona.

Yang menarik dari air terjun tersebut adalah aliran airnya bukan bersumber dari pegunungan seperti air terjun pada umumnya. Akan tetapi aliran airnya bersumber dari pulau yang mana alirannya terjun menuju ke laut secara langsung. Tebing yang merupakan tempat mengalirnya air memiliki debit air yang cukup deras.

Lokasi air terjun dikelilingi pepohonan yang rimbun sehingga kesan asri sangat melekat di tempat wisata ini. Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Kahatola, para wisatawan membutuhkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 3 jam jika berangkat dari Pusat Kota Jailolo.

Itulah beberapa objek wisata populer di Halmahera Barat yang bisa dijadikan referensi Anda untuk liburan selanjutnya. Deretan destinasinya tergolong masih asri dan alami coco sebagai tujuan bersantai dan menenangkan pikiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *