Travel  

20 Tempat Wisata di Pacet Terbaru & Paling Hits

20 Tempat Wisata di Pacet Terbaru & Paling Hits

tribunwarta.com – Berlokasi di lereng Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan, membuat Pacet di Mojokerto memiliki banyak objek wisata yang hits dan menawan. Anda akan disuguhkan pesona alam luar biasa, seperti air terjun dan perbukitan juga wahana wisata buatan layaknya waterpark dan taman buatan. Semuanya tidak luput dari udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang indah. Berikut beberapa tempat wisata andalan di Pacet yang wajib Anda kunjungi.

1.Wisata Air Panas Padusan

Terletak di ketinggian 800 mdpl dan berlokasi di lereng Gunung Welirang, pemandian air panas ini merupakan salah satu destinasi terfavorit di Pacet, Mojokerto. Dengan memiliki luas lahan dua hektar dan bertempat di Taman Hutan Rakyat, pemandian air panas padusan ini memiliki daya tarik yang tentunya adalah kolam air panas dan kolam renang.

Selain nuansa alam yang masih sangat asri, kawasan ini memiliki suhu rata-rata 20 derajat Celcius dengan kelembapan udara yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat suasana semakin sejuk layaknya di pegunungan. Pemandian Air Panas Padusan ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.

2. Hill Outdoor Park

Bukit ini merupakan salah satu tempat hits di kalangan anak muda saat ini. Terletak di ketinggian 1200 mdpl, membuat tempat wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk. Ditambah dengan adanya beberapa fasilitas seperti spot foto atau deck view yang dibuat oleh pengelola untuk menikmati pemandangan Kota Mojokerto dari atas.

Hill Outdoor Park juga menyediakan beberapa wahana permainan outdoor seperti rafting, fun offroad, paket outbound, paintball, dan fasilitas camping ground. Selain sebagai objek wisata, fasilitas camping ground yang disediakan di sini juga dapat digunakan untuk kegiatan sekolah ataupun acara gathering.

3. Brambang Outdoor Spot Selfie (BOSS)

Jika Anda sedang mencari wisata yang instagramable, Anda wajib berkunjung ke Brambang Outdoor Spot Selfie (BOSS). Tempat ini berada di kawasan hutan pinus dan dimiliki oleh Perum Perhutani KPH Pasuruan. Destinasi wisata hits ini menawarkan wisata alam dengan pemandangan yang menakjubkan.

Yang istimewa dari BOSS adalah juga dibuka pada malam hari. Anda dapat menikmati pemandangan lampu kota dari atas bukit di malam hari. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan gunung secara langsung. Di sini Anda akan melihat dengan jelas view Gunung Penanggungan dan Penanggungan biru, serta Gunung Welirang.

4. Pacet Mini Park

Sedang mencari tempat wisata untuk anak-anak? Pacet Mini Park adalah jawabannya. Ya, Taman mini ini sangat cocok dengan semua usia termasuk anak-anak. Berlokasi di Jl. Raya Mojosari Pacet, taman rekreasi ini menawarkan berbagai macam aktivitas wahana yang terbilang cukup lengkap.

Selain waterpark, Mini Park ini juga memiliki beberapa wahana yang akan disukai anak-anak, diantaranya flying fox thunder, ATV, Terapi ikan, fasilitas Outbound, dan juga terdapat restoran dengan sajian makanannya yang khas. Berlibur bersama keluarga tentu akan menghadirkan pengalaman yang tak bisa dilupakan begitu saja.

5. Panorama Petung Sewu

Terletak di tepian tebing terjal lereng Gunung Arjuno, Petung Sewu atau yang memiliki arti “seribu bambu” ini menawarkan latar pemandangan hutan bambu yang unik dan juga instagramable. Lokasinya yang berbeda dari wisata lain ini membuat Petung Sewu menjadi tempat wisata yang memiliki pemandangan indah dan menakjubkan.

Spot foto yang disediakan Petung Sewu sangat unik. Ada spot foto ruang tamu dengan latar belakang pemandangan gunung, ada Titanic Spot (berupa kapal layar), gardu pandang segi enam, dan masih banyak lagi. Selain itu, Petung Sewu menyediakan wisata edukasi seputar survival, kehutanan, dan juga camping ground.

6. Air Terjun Surodadu

Terletak di Dusun Mligi, Air Terjun Surodadu memiliki keistimewaan yaitu nilai sejarahnya. Gunung Welirang dulunya sering dijadikan tempat persembunyian serdadu Jepang. Dari situlah nama Air Terjun Surodadu muncul yang sebenarnya diambil dari kata ‘Serdadu’ Jepang. Keistimewaan lainnya adalah terdapat 2 air terjun besar dan kecil.

Berbeda dengan air terjun mini yang memiliki panorama seperti sebuah taman kerajaan, air terjun besar letaknya masih tersembunyi di balik hutan bambu dan lebih asri. Untuk menuju lokasi air terjun pertama, Anda hanya perlu berjalan sekitar 100 m dari tempat parkir. Dan untuk lokasi air terjun kedua hanya berjarak 100m dari air terjun pertama.

7. Air Terjun Coban Canggu

Ada lagi Air Terjun Coban Canggu yang tidak kalah indahnya. Memiliki tinggi air sekitar 70 m dan terdapat kolam alami di bawahnya. Dengan posisi air terjun yang diapit dua pepohonan besar, membuat panorama Air Terjun Coban Canggu sangat indah. Walaupun Anda tidak bisa berenang karena debitnya yang besar, pemandangannya mampu melepas semua penat Anda.

8. Air Terjun Grenjengan

Air Terjun Grenjengan merupakan air terjun yang berasal dari Sumber Mata Air Gunung Welirang. Berada di Desa Padusan, sehingga membuat Anda harus trekking ringan sepanjang 200m di jalan tanah bebatuan yang cukup landai. Namun semuanya akan terbayar dengan keindahan yang disuguhkan di air terjun ini. Selain menikmati pemandangan anda juga bisa berburu foto kekinian.

9. Air Terjun Watu Lumpang

Air terjun satu ini memiliki pemandangan alam bak kerajaan negeri dongeng. Bagaimana tidak, Air Terjun Watu Lumpang berada di tengah hutan dan dikelilingi pepohonan rindang. kehadiran hewan-hewan lucu seperti monyet, lutung, budeng, kijang, dan lainnya, juga menjadi nilai tambah untuk Air Terjun Watu Lumpang ini.

Memiliki akses yang mudah dilalui, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan akses jalan setapak dan beberapa anak tangga yang sudah diperbarui, membuat Anda akan mudah untuk menjangkau wisata andalan kawasan ini. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan ini lebih lama, pengelola menyediakan penginapan untuk wisatawan.

10. Indreng Genitri (Pusat Pelatihan Konservasi Alam)

Pacet juga memiliki wisata edukasi alam yang dikenal sebagai Indreng Genitri. Merupakan Pusat Pelatihan Konservasi Alam dan Camping Ground yang berlokasi di kaki Gunung Welirang. Wisata ini memiliki edukasi pengelolaan sampah, perkebunan dan pertanian, edukasi mata air, hutan, penanaman pohon, hingga edukasi mendaki gunung.

11. Taman Kelinci Padusan

Taman Kelinci Padusan merupakan tempat wisata edukasi untuk anak-anak. Di sini anak-anak akan dimanjakan dengan dengan padang rumput luas sebagai rumah kelinci , petik strawberry, taman bunga yang luas, hingga berkuda. Selain itu juga ada kebun binatang mini dengan banyak binatang seperti marmut, kura-kura, burung, dan masih banyak lagi.

12. Punthuk Panggang Welut

Dibangun pada tahun 2017 silam, Punthuk Panggang Welut hadir berkat inisiatif mahasiswa UNESA. sehingga mengubah kawasan hutan pinus ini menjadi sebuah kawasan wisata. Dibangun dengan beberapa spot foto, membuat Pethuk Panggang Welut menjadi salah satu destinasi wisata yang instagramable.

Tak jauh dari sana, terdapat juga air terjun Curah Watu. Bagi Anda yang ingin tahu, Anda bisa berkunjung ke air terjun tersebut untuk berpetualang di alam hutan atau hanya sekedar menikmati keindahannya. Sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga atau bersama teman-teman. Pastikan Anda membawa kamera kesayangan Anda untuk berfoto-foto.

13. Joglo Park

Joglo Park dibangun dengan mengusung tema Aquafantasi Land dan memiliki wahana permainan air yang tidak kalah seru. Selain itu, sebuah rumah makan berbentuk joglo yang cukup luas menjadi ikon utama wisata ini. Memiliki berbagai macam wahana air dan wahana permainan lainnya, membuat Joglo Park menjadi objek wisata favorit keluarga.

14. Sendi Adventure

Sendi Adventure adalah wisata yang menyediakan kegiatan edukasi agrowisata serta keindahan panorama alam Gunung Arjuno. Sendi Adventure menawarkan berbagai aktivitas seputar agrowisata, taman bunga, serta spot-spot foto unik. Sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari tempat rekreasi dengan banyak fasilitas wahana untuk keluarga tercinta.

15. Claket Adventure Park

Berlokasi di Dusun Claket, obyek wisata kali ini menawarkan fasilitas wisata yang cukup unik dan menguji adrenalin. Menyediakan spot foto seperti lembah cinta, ayunan di tepi jurang tinggi, rainbow hammock bertingkat yang merupakan tempat tidur gantung, membuat wisata ini wajib dimasukkan ke dalam list destinasi wisata Anda.

16. Gunung Penanggungan

Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, Pacet juga memiliki wisata pendakian yang berada di Gunung Penanggungan. Dengan daya tarik keindahan yang ditawarkan, membuat banyak wisatawan terpikat dengan Gunung Penanggungan ini. untuk Anda yang pertama kali, sangat disarankan menyewa tour guide agar perjalanan Anda lancar dan tidak tersesat.

17. Sungai Kromong

Suka menguji adrenalin? Anda wajib mencoba rafting di Sungai Kromong. Selain rafting, banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini mulai dari memancing, bersantai, atau hanya sekedar bermain air. Sungai Kromong juga menyuguhkan beberapa spot foto dengan bebatuan coralnya yang indah dan tebing di sisi sungai.

18. Bukit Krapyak

Bukit Krapyak dulunya dikenal sebagai wisata religi karena terdapat sebuah petilasan Sunan Pangkat dan masyarakat menyebutnya Makam Krapyak. Namun, saat ini Bukit Krapyak menjadi salah satu wisata Camping Ground favorit dengan menyuguhkan sebuah pemandangan kota yang sangat memanjakan mata dari atas bukit.

19. Ubalan Waterpark

Satu lagi wahana buatan yang terletak di pegunungan. Ubalan Waterpark menjadi salah satu destinasi favorit keluarga, dengan menawarkan berbagai fasilitas yang tiada dua seperti mandi busa di kolam renang anak, dan juga terdapat kolam renang dewasa, kolam seluncur dan ember tumpah, air terjun buatan, serta spot-spot foto keren.

Selain wahana-wahana tersebut, Ubalan Waterpark memiliki wahana kolam bebek, dan beberapa fasilitas umum lainnya seperti Pendopo besar, Outbound area, Gazebo istirahat, Mushola, Hall, dan juga Toilet. Sangat tepat membawa keluarga Anda berlibur ke Ubalan Waterpark.

20. Wisata Belanja Pacet

Terakhir adalah berwisata belanja. Sangat kurang lengkap jika berwisata dan pulang tanpa membawa oleh-oleh khas tempat tersebut. Kecamatan ini memiliki 2 tempat belanja andalan yaitu pusat oleh-oleh khas dan Pasar Pacet. Anda dapat membeli barang ataupun makanan khas di sana.

Itulah beberapa tempat wisata yang hits di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dengan puluhan destinasi wisata unggulan, kawasan ini dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi untuk Anda yang sedang berlibur dan masih bingung dengan tujuan wisata mana yang akan Anda kunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *