Travel  

15 Taman Cantik di Jakarta yang Cocok untuk Bersantai

15 Taman Cantik di Jakarta yang Cocok untuk Bersantai

tribunwarta.com – URL:

Warga ibukota selalu punya cara sendiri untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Bagi petualang, gunung atau pantai adalah tempat refreshing pilihan. Sedangkan lainnya ada yang senang menikmati udara segar di kawasan taman. Tak perlu khawatir, berikut rekomendasi taman yang cantik di Jakarta bisa dijadikan alternatif tempat bersantai.

1. Taman Menteng

Dulunya ruang terbuka hijau ini adalah bekas Stadion Menteng yang disulap menjadi taman favorit warga Jakarta. Lokasi taman cukup strategis yaitu di Jalan Moh. Yamin dan Jalan HOS Cokroaminoto. Salah satu ikon taman ini ialah rumah kaca yang kerap dipakai untuk tempat pameran lukisan para seniman Indonesia. Pada malam hari, rumah kaca tampak unik karena pancaran cahaya lampu.

Taman Menteng mempunyai banyak fasilitas keren yang menunjang aktivitas pengunjung. Diantaranya lapangan futsal, lapangan basket, jogging track, dan wifi publik. Di bagian tengah ada air mancur yang membuat pemandangan kian cantik. Jika anda membawa si kecil, taman ini juga menyediakan area bermain anak-anak. Tidak perlu khawatir lapar, di luar area taman tersedia banyak penjaja makanan.

2. Taman Langsat

Menurut cerita warga setempat, taman ini diselimuti kisah mistis. Namun hal tersebut tidak menyurutkan keinginan pengunjung untuk melepas penat disini. Suasana taman begitu teduh dan rindang dengan pohon-pohon besar serta taman bunga. Uniknya, setiap tanaman di Taman Langsat diberi plang nama dan jenis tanaman. Jadi selain berlibur, anda juga bisa berwisata edukasi disini.

Taman Langsat mempunyai rerumputan luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk beraktivitas. Misalnya piknik bersama keluarga, atau sekedar ngobrol santai bersama teman-teman. Tak ketinggalan area jogging track dan lapangan tenis untuk berolahraga. Anda juga bisa menggelar acara resepsi atau ulang tahun di taman ini. Suasana taman yang syahdu dan penuh bunga menambah kesan romantis.

3. Taman Tabebuya

Sekilas taman ini mempunyai vibes seperti taman-taman di Eropa atau Jepang. Pasalnya, kawasan taman dipenuhi oleh bunga tabebuya asal Brazil. Bunga tersebut berwarna merah muda seperti bunga sakura. Namun untuk melihat keindahan bunga tabebuya disarankan datang saat musim hujan. Karena bunga cantik itu hanya mekar di akhir musim penghujan.

Bukan hanya deretan pohon tabebuya, fasilitas di taman ini cukup menghibur. Seperti taman bermain anak, jogging track, dan kolam ikan yang ditumbuhi teratai. Ada pula ruang komunitas yang dibuka mulai pukul 6 pagi sampai 6 malam. Ruang komunitas ini bisa disewa untuk mengadakan acara reuni. Siapkan kamera saat berkunjung kesini, karena banyak spot foto instagramable.

4. Taman Kalijodo

Siapa tak mengenal sejarah kelam dari Kalijodo? Dulunya wilayah ini identik dengan aktivitas prostitusi. Namun sejak adanya relokasi penduduk di sekitar bantaran kali, perlahan daerah ini disulap menjadi taman terbuka. Sedikit demi sedikit penduduk ibukota mulai berdatangan ke Taman Kalijodo. Biasanya untuk menghabiskan waktu sore hari atau akhir pekan bersama orang terdekat.

Salah satu fasilitas favorit ialah area skatepark, yang dinobatkan sebagai tempat skate terbesar di Asia Tenggara. Lahan seluas 1,4 hektar ini memiliki suasana alam asri dan teduh. Sepanjang mata memandang pohon-pohon rindang yang menenangkan hati. Pengunjung juga bisa menemukan mural atau lukisan dinding yang jadi spot foto. Jangan lupakan pusat jajanan dengan harga bersahabat.

5. Taman Suropati

Kalau berada di kawasan Menteng, anda bisa mampir sebentar ke Taman Suropati. Sekeliling taman dilengkapi dengan kebun bunga dan pepohonan rimbun. Kenunikan lain ialah area hijau ini dihuni oleh puluhan burung merpati, bahkan ada rumah burungnya. Hal itulah yang menjadikan vibes taman layaknya taman-taman dataran Eropa, sehingga kerap diburu untuk berfoto.

Taman Suropati juga terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman ibukota. Jangan heran bila berkunjung akan menjumpai sederet karya seni. Hal menarik lainnya ialah keberadaan Taman Suropati Chamber, orkestra yang beranggotakan anak-anak hingga dewasa. Kalau ingin melihat pertunjukan mereka secara langsung serta live music lain, anda bisa datang setiap sabtu sore.

6. Taman Ria Rio

Ingin menjumpai taman bernuansa fotogenik? Cobalah berkunjung ke Taman Ria Rio. Taman ini beda dari lainnya, berupa panorama padang rumput yang luas. Sisi uniknya ialah keberadaan pohon baobab khas Afrika yang menarik perhatian pengunjung. Selain itu suasana taman cukup tenang karena jauh dari kebisingan.

Di tengah taman terdapat danau cukup luas. Tepian danau disediakan bangku-bangku taman yang menghadap ke danau. Anda bisa duduk santai di pinggir danau ini, boleh juga sambil berolahraga ringan. Nuansa taman yang asri dan sejuk menjadikannya refrensi tempat healing yang pas.

7. Taman Cattleya

Berkunjung ke taman menjadi opsi pilihan beberapa penghuni Jakarta melepas jenuh. Salah satu taman yang sering padat pengunjung ialah Taman Cattleya. Ruang terbuka hijau ini berada di daerah Slipi, kawasan Kemanggisan di Jakarta Barat. Luas taman mencapai 3 hektar yang ditanami aneka bunga, tanaman, serta pohon-pohon.

Bisa dibilang suasana di taman ini sangat romantis, berkat kebun bunga yang tertata rapi. Tak heran bila kerap kali dijadikan lokasi foto pre wedding. Fasilitas yang ditawarkan menarik seperti jogging track, fasilitas kebugaran, dan kolam ikan. Serunya di kolam ikan tersebut anda bisa memancingnya, tapi perlu membawa alat pancing sendiri.

Selama berkunjung kesini, anda tidak boleh melewatkan keindahan patung Anne de Kyiv. Patung ini legendaris sebab diberikan oleh kota Kriev dari Ukraina saat ulang tahun Jakarta ke-492. Pengunjung juga boleh bersepeda keliling taman di jalur yang sudah tersedia. Nikmati waktu senggang dengan bersantai disini sekaligus rileksasi.

8. Taman Spathodea

Nama lain tempat ini adalah Taman Miring. Disebut demikian karena kontur tanahnya yang berundak-undak, ada bagian yang tinggi dan rendah. Lokasinya tidak jauh dari taman Tabebuya, jalan kaki 15 menit saja. Meski tergolong taman baru, tapi para pengunjungnya hilir mudik berdatangan. Fasilitas taman lengkap antara lain outdoor gym, jogging track, dan kursi taman.

Sisi menariknya ialah adanya danau kecil di tengah taman. Danau tersebut dihuni ikan mas, gabus, patin, mujair, hingga gurame. Sayangnya anda tidak boleh memancing ikan-ikan tersebut, hanya boleh diberi makan. Disamping itu, setiap hari Minggu terdapat Taman Baca Spathodea. Anda bisa mengajak adik atau buah hati untuk membaca beragam koleksi buku anak-anak.

9. Taman Ayodya

Dari Terminal Blok M jarak taman sekitar 500 meter. Desain taman ini unik layaknya panggung teater terbuka. Terdapat gazebo yang disediakan untuk beristirahat atau sekedar duduk santai. Taman ini dikelilingi kolam ikan yang ditumbuhi teratai berbunga. Sayangnya suasana disini agak kurang tenang karena sering ada pedagang asongan, pengamen, dan pengemis yang mengganggu kenyamanan.

10. Taman Dadap Merah

Luas taman ini kurang lebih 20 ribu meter persegi. Letak taman agak tersembunyi namun tidak pernah sepi pengunjung. Suasana taman sejuk karena dikepung pohon-pohon besar. Suara gemericik aliran sungai terdengar menenangkan hati. Anda bisa duduk santai di tepi taman sambil menikmati semilir angin. Di hari Minggu biasanya ada taman baca gratis untuk anak-anak.

11. Taman Lapangan Benteng

Sebelum dilakukan revitalisasi pada Maret 2017, taman ini hanya lapangan biasa. Orang-orang mengenalnya sebagai Lapangan Benteng, yang ramai saat ada pameran flora dan fauna setiap tahun. Seiring perubahan konsep taman, kini area terbuka ini menjadi jujugan wisata para turis lokal. Citranya sudah berubah menjadi tempat yang sangat instagramable.

Hampir sebagian besar konsep taman mencontoh Taman Merlion di Singapura. Terbukti adanya air mancur menari dengan cahaya warna-warni. Air mancur ini akan meliuk-liuk mengikuti irama musik yang diputar. Pertunjukan tersebut berdurasi 15 menit dan hanya bisa dinikmati saat akhir pekan pukul 18.30.

Soal fasilitas tak perlu diragukan. Di taman seluas lebih dari 500 meter persegi ini tersedia area berolahraga, rumput hijau, hingga bangku taman. Anda juga boleh bersepeda keliling taman melalui trek yang tersedia. Bagi yang senang fotografi, tempat ini sangat cocok untuk lokasi hunting foto. Mengingat setiap sudutnya lumayan instagenik.

12. Taman Hutan Kota Srengseng

Walaupun kota Jakarta dipadati oleh gedung-gedung tinggi, anda tetap dapat menemukan sebuah hutan kota cantik. Taman kota ini menyuguhkan rimbunnya pohon yang menyegarkan mata. Udara sekitar masih terasa bersih dan alami, padahal letaknya di tengah kota. Saat masuk lebih jauh, anda akan menjumpai sebuah danau dengan pulau kecil untuk lokasi memancing.

Fasilitas taman lumayan lengkap, mulai dari taman bermain anak-anak sampai sarana panjat dinding. Kalau kurang suka olahraga ekstrem bisa lakukan jogging keliling taman sambil menghirup udara segar. Setiap hari Minggu disini selalu ada aktivitas dari perkumpulan Yoga Hutan Kota Srengseng.

13. Taman Situ Lembang

Berkunjunglah ke jalan Padalarang lalu masuk kompleks perumahan. Anda akan menemukan taman terbuka yang cocok untuk keluarga. Situ Lembang namanya, menyuguhkan taman dengan danau buatan di bagian tengah. Danau tersebut ditanami bunga teratai dan air mancur yang indah. Taman ini cukup populer karena dulu sering dijadikan latar tempat syuting film Warkop DKI.

14. Taman Prasasti

Bagi yang inginnya berlibur sambil belajar, bisa singgah di Taman Prasasti. Taman ini sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda dan di dalamnya ada area pemakaman. Suasana taman agak mistis namun menyimpan cerita sejarah. Tidak ada fasilitas hiburan seperti taman lain, tapi gantinya anda mendapat ilmu baru tentang kilas balik sejarah masa penjajahan Belanda.Meskipun tampak mencekam tapi sebenarnya suasana taman ini sangat tenang. Angin bertiup sepoi-sepoi, daun-daun bergesekan, dan siang hari terasa adem disini. Sambil belajar sejarah anda bisa kabur sejenak dari bisingnya ibukota.

15. Taman Waduk Pluit

Bergeser ke Jakarta Utara, anda akan bertemu taman favorit muda-mudi ini. Menjelang sore hari pengunjung ramai berdatangan. Biasanya warga kawasan Pluit yang berkunjung akan menggelar tikar di tepi waduk. Mereka bersantai sambil menanti matahari tenggelam. Fasilitas disini juga lengkap seperti lapangan basket dan amphiteatre.

Jangan salah kira Jakarta hanya berisi gedung-gedung tinggi dan gemerlap metropolitan. Dibalik padatnya lalu lintas ibukota, kota Jakarta mempunyai taman hijau yang dirancang dengan indah dan tampak kekinian. Selain untuk meminimal polusi udara, keberadaan taman bisa menjadi alternatif tempat untuk melepas penat warga ibukota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *