Travel  

10 Wisata Kuliner di Tulungagung yang Terkenal Enak

10 Wisata Kuliner di Tulungagung yang Terkenal Enak

tribunwarta.com – Tulungagung memang terkenal dengan wisata baharinya yang sangat mempesona. Kabupaten ini juga menyuguhkan aneka kuliner lezat yang menggugah selera. Inilah beberapa tempat wisata kuliner favorit di Tulungagung yang menarik dikunjungi.

Makanan khas Tulungagung sangat terkenal di kalangan masyarakat lokal hingga mancanegara. Aneka makanan berat hingga camilan bisa Anda cicipi dengan cita rasa unik dan menggugah selera. Tak ayal jika banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk membuktikan rasa nikmat dari setiap masakan. Untuk itu, mari intip beberapa tempat wisata kuliner yang bisa Anda sambangi saat berada di Tulungagung.

1. Tiga Dapoer Batavia

Mengunjungi Tulungagung akan terasa kurang lengkap jika belum mampir ke Tiga Dapoer Batavia. Jangan khawatir, tempat berkelas restoran ini nyatanya menyuguhkan harga yang murah dengan menu beragam. Anda bisa mencicipi aneka sajian menu Indonesia tradisional hingga berbagai varian menu fusion.

Berbagai jenis makanan dijamin memiliki cita rasa yang luar biasa. Terdapat nasi timbel ayam, nasi ayam bumbu rujak, nasi gurami sambal matah hingga nasi gurami songo roso. Untuk mendapatkan menu yang lebih modern, Anda bisa memilih aneka makanan nasi tom yum gai, nasi BBQ chicken steak maupun nasi chicken katsu.

Pilihan aneka jenis makanan dapat disesuaikan dengan selera dan kondisi kantong Anda. Tentu saja, pengunjung dengan budget pas-pasan dapat memilih menu Paket Makmur. Hanya dengan harga maksimal Rp25 ribu, Anda bisa mencicipi makanan lezat dan dilengkapi dengan minuman teh manis.

Lokasi: Jl. Mastrip, Jepun, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

2. Ayam Lodho Pak Yusuf

Serial ayam memang menjadi jajanan nikmat favorit banyak orang. Saat mengunjungi Tulungagung, Anda bisa mencicipi kuliner khas ayam lodho. Ayam bakar berkuah yang dihadirkan dengan kuah dan cita rasa pedas ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Terlebih lagi ayam lodho dihadirkan dengan daging yang empuk dan lezat.

Pasalnya, Anda bisa mencicipi sajian warung ayam lodho yang tersebar di Tulungagung dengan mudah. Meski demikian, ayam lodho Pak Yusuf yang bisa Anda temui di barat Pasar Ngemplak memiliki sensasi nikmat dan menakjubkan. Tak ayal jika warung milik Pak Yusuf ini menjadi incaran wisatawan pemburu kuliner.

Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp20 ribu, Anda bisa merasakan ayam lodho yang nikmat lengkap dengan nasi uduk. Nasi gurih hangat terasa lebih lezat ketika dipadukan dengan ayam lodho khas Pak Yusuf. Bumbu rempah yang digunakan membuat setiap orang yang mencicipi ingin nambah lagi. Menariknya, ayam lodho pak Yusuf buka mulai jam 7 pagi hingga 10 malam.

Lokasi: Jl. KHR. Abdul Fattah No.88, Botoran, Kec. Ngemplak, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

3. Warung Pecel Bu Kitun

Tak hanya suasana pagi hingga sore, perjalanan malam ternyata terkesan sangat mengesankan. Suasana senyap yang berpadu dengan dinginnya angin malam seringkali membuat perut lapar seketika. Kehadiran kuliner Warung Pecel Bu Kitun tentu menjadi solusi alternatif ketika Anda sedang menyusuri Tulungagung.

Lazimnya, warung milik Bu Kitun ini berada tak jauh dari alun-alun Tulungagung. Anda perlu menempuh jarak sekitar 2,2 km dan masuk sedikit gang untuk menemukan warung lezat yang satu ini. Terletak di Desa Jepun, Kecamatan Tulungagung. Nasi pecel, nasi campur, bubur pecel dan berbagai varian lauk tambahan bisa Anda nikmati disini.

Menariknya, Warung Pecel Bu Kitun buka mulai jam 9 malam hingga jam 3 pagi. Dengan merogoh kocek sekitar Rp3 ribu saja, Anda bisa mendapatkan makanan lezat dengan porsi lumayan bebas. Meski demikian, Anda memerlukan biaya tambahan jika mengambil lauk tambahan yang disediakan.

Lokasi: Jepun, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

4. Waroeng Kampoeng AG One

Tulungagung yang sangat terkenal dengan plat motor AG memiliki Waroeng Kampoeng AG One. Terletak di Jl. MT Haryono Nomor 77, Kedungwaru, tempat ini menyediakan berbagai varian menu dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Anda bahkan bisa menikmati wisata kuliner dengan suasana warung lesehan. Menarik bukan?

Hidangan menu kakap, cumi-cumi, gurami, bebek bakar, kepiting hingga ikan kerapu bisa Anda temukan disini. Waroeng Kampoeng AG One bahkan memiliki menu minuman andalan yang dijuluki dengan Es Timnas. Terbuat dari campuran kelapa muda, kelengkeng, alpukat, tape ketan, strawberry dan es krim. Rasa lezat terpadu dengan harga standar tentu menjadi pilihan setiap orang.

Lokasi: Jl. MT Haryono No.77, Kedungwaru, Bago, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

5. Waroeng Jadoel Winna Joglo

Selanjutnya, Anda perlu mampir ke Warung Jadoel Winna Joglo untuk mendapatkan sensasi makanan dan tempat khas jawa. Kehadiran hiasan dinding dan berbagai furnitur yang disuguhkan tidak lepas dari budaya jawa. Tentu saja, Anda bisa mencicipi berbagai menu hidangan lezat yang kaya akan rempah-rempah.

Waroeng Jadoel Winna Joglo pada dasarnya berada di Jl. Jayeng Kusuma Nomor 177, Trimulyo, Tulungagung. Hidangan ayam, daging maupun berbagai menu seafood bisa Anda dapatkan disini. Olahan makanan khas jawa yang satu ini sangat cocok untuk disantap ketika hangat dan beramai-ramai.

Lokasi: Jl. Jayeng Kusuma No.177, Trimulyo, Ngujang, Kec. Kedungwaru, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

6. Nirwana Bambu

Berkeliling Tulungagung akan menjadi lebih menyenangkan dengan mampir makan di Nirwana Bambu. Suasana tempat yang menyenangkan membuat Anda semakin betah untuk menikmati sajian kuliner yang ditawarkan. Konsep lesehan yang nyaman dengan desain bangunan bambu terlihat semakin ciamik dengan adanya taman dan kolam.

Tentu saja, menu yang dihadirkan lebih dari 400 menu menjadi daya tarik utama yang ditawarkan. Anda bahkan bisa mencicipi varian menu spesial yang jarang sekali Anda temui di tempat lainnya. Misalnya saja ayam panggang Mbah Nah, gurame berenang maupun nasi goreng spesial.

Tak cukup makanan yang lezat, tempat ini juga menyuguhkan minuman bervariasi sebagai makanan pelengkap. Anda bisa mencicipi minuman yang sangat direkomendasikan oleh Nirwana Bambu sebagai menu spesial. Terdapat jus Pelangi, es teler Nirwana dan smoothie alpukat soklat. Untuk membuktikannya, langsung saja datang ke Jl. Raya Demuk-Kalangan Nomor 117, Tulungagung.

Lokasi: Jl. Raya Demuk-Kalangan No.117, Kalangan, Kec. Ngunut, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

7. Bakso Klenger Mas Agus

Bakso Klenger Mas Agus merupakan salah satu warung bakso spesial yang bisa Anda dapatkan di Tulungagung. Meski demikian, warung bakso ini pada dasarnya cabang yang dihadirkan dari Kota Kediri. Bakso yang dibandrol harga sekitar Rp20 ribu ini tergolong memiliki harga yang standar.

Menariknya, warung ini menyediakan makan gratis untuk pengunjung yang sedang berulang tahun dan bernama Agus. Anda yang memiliki kesempatan tersebut bahkan hanya perlu menunjukkan kartu identitas berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk). Sangat mudah untuk dilakukan bukan?

Tak hanya bakso klenger, warung bakso milik Mas Agus ini juga menghadirkan varian bakso lain seperti bakso iga, bakso mercon maupun bakso frozen. Warung ini telah dilengkapi dengan variasi minuman yang bisa Anda cicipi. Tentu saja, es teh, jus buah, float, milkshake hingga sop buah telah dihadirkan dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Supriadi No.210, Bago, Tamanan, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

8. Warung Foodman

Wisata kuliner selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Warung Foodman. Menu masakan kekinian yang dihadirkan dengan desain interior menarik menjadi daya tarik tersendiri untuk mencicipi setiap aneka masakan dan berfoto ria untuk mendapatkan suasana yang menyenangkan.

Gurame geprek yang dihadirkan dalam kemasan rice bowl hingga nasi balap dihadirkan dengan kelezatan yang menggugah selera. Begitu pula, Anda bisa mencicipi menu masakan yang lain seperti lele, ayam maupun bebek. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk makan bersama keluarga maupun teman-teman.

Tak cukup dengan makanan berat, Warung Foodman juga menyajikan menu makanan ringan dan beberapa varian minuman hits. Cheese tea, brupresso hingga berbagai mocktails menyegarkan telah disiapkan khusus untuk Anda. Tempat ini berada di Jl Pahlawan Nomor 97, Rejoagung, Tulungagung.

Lokasi: Jl. Pahlawan No.97, Rejoagung, Kec. Kedungwaru, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

9. Sate Kambing Pak Nyoto

Anda bisa mencicipi masakan sate yang dihadirkan oleh Pak Nyoto di Tulungagung. Hidangan sate dan gulai kambing memiliki cita rasa yang sangat lezat dan menggugah selera. Daging kambing yang empuk dengan perpaduan bumbu yang meresap terasa semakin nampol dan ingin nambah.

Warung Sate Kambing Pak Nyoto yang terletak di Jl. WR Supratman ini dibandrol harga standar layaknya penjual sate lainnya. Meski demikian, cita rasa yang dihadirkan sangat berbeda sehingga direkomendasikan untuk Anda yang sedang menikmati wisata kuliner di Tulungagung. Tempat ini bahkan buka mulai dari jam 8 pagi hingga dan 10 malam.

Lokasi: Jl. W.R. Supratman, Kutoanyar, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

10. Jepun View Resto

Tulungagung juga menyediakan wisata kuliner yang menyenangkan untuk Anda. Jepun View Resto yang menghadirkan menu makanan modern ini dapat Anda temui di Jl. Mayor Sujadi, Jepun, Tulungagung. Menariknya, tempat yang satu ini dilengkapi dengan free karaoke yang bisa membuat Anda betah dan tidak beranjak dari Jepun View Resto.

Berbagai menu makanan menarik bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Nasi goreng, seafood, steak serta berbagai menu varian ayam seperti ayam asam manis maupun ayam KungPao bisa Anda dapatkan disini. Lokasi resto yang sangat strategis dengan keberadaan lahan parkir yang sangat luas menghadirkan banyak pengunjung yang ingin menghabiskan waktu disini.

Lokasi: Jl. Mayor Sujadi, Jepun, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

Itulah beberapa tempat yang menghadirkan wisata kuliner menarik dan lezat di Tulungagung. Makanan tradisional hingga makanan modern dengan cita rasa khas bisa Anda dapatkan dengan mudah. Harga yang ditawarkan setiap tempat pun cukup terjangkau dan tidak menguras kantong. Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk menjajaki kuliner lezat di Tulungagung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *