Turis Asing Makin Loyal Jajan di RI, Ini Buktinya

Turis Asing Makin Loyal Jajan di RI, Ini Buktinya

tribunwarta.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengatakan, terjadi peningkatan kualitas kunjungan wisatawan mancanegara (wisman/ turis asing) ke Indonesia selama tahun 2022. Salah satunya, ada kenaikan belanja yang mendorong ekonomi lokal.

“Total tourism revenue yang awalnya target optimis US$1,7 miliar, kita sudah mencapai hampir lebih dari US$4,2 menuju 5 miliar di akhir tahun ini,” kata Sandiaga Jumpa Pers Akhir Tahun 2022, Senin (26/12/2022).

“Jadi kami mendapatkan upside surprise dari kunjungan wisman yang juga meningkat kualitasnya, di mana kita liat peningkatan kualitas dari lama mereka tinggal dan juga kualitas belanja ekonomi lokal,” tambahnya.

Salah satu indikator peningkatan devisa pariwisata tahun 2022 adalah adanya peningkatan jumlah pengeluaran wisman di dalam negeri.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Nia Niscaya mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), pengeluaran wisman meningkat dari rata-rata sebelum pandemi adalah sekitar US$1.200 menjadi sekitar US$3.000.

“Ini dikarenakan ada masa karantina. Rusia termasuk tertinggi spending-nya (pengeluaran). Dan kalau jumlah wisatawan dikali spending ya, itu tentu devisanya besar,” kata Nia.

Data BPS untuk tahun 2021 menunjukkan, pengeluaran wisman terbesar adalah untuk akomodasi, kemudian makan dan minum, lalu belanja.

Di sisi lain, Sandiaga mengatakan, jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sepanjang tahun 2022 menunjukkan peningkatan. Hal itu, kata dia, sebagai dampak positif penanganan pandemi Covid-19 yang lebih baik di Indonesia.

“Jadi kita juga mulai melakukan relaksasi setelah penanganan pandemi, sudah tidak ada karantina, sudah tidak ada testing, ini langsung meningkat kunjungan wisatawan mancanegara,” kata Sandiaga.

Selain itu, ujarnya, ada kebijakan yang memudahkan bagi wisman.

“Kemudahan juga didapatkan dari relaksasi visa, ada visa on arrival (VoA) yang kembali di re-introduce. Setelah itu ada juga even yang berkaitan dengan G20, maupun even seperti MotoGP, ada even besar seperti WSBK dan beberapa even berkelas dunia yang kita lakukan selama 2022 ini,” pungkas Sandiaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *