PAN: KIB Solid Meski Jalin Komunikasi dengan Parpol Lainnya

PAN: KIB Solid Meski Jalin Komunikasi dengan Parpol Lainnya

Jakarta: Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto menegaskan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sangatlah solid menyongsong Pemilu 2024.
Koalisi yang digagas oleh partai Golkar, PAN dan PPP ini, sangat terbuka jika ada partai politik lainnya untuk bergabung.
 
Yandri menegaskan, wajar saja jika ketiga partai politik yang bergabung di dalam KIB terus melakukan komunikasi dengan partai politik lainnya.
 
“KIB itu memang terbuka untuk partai lain ikut gabung. Untuk gabung kan harus komunikasi, mesti ada silahturahmi. Jadi ya mau Golkar silakan komunikasi dengan partai lain. PPP silakan dan PAN juga begitu. Jadi gak ada yang dilanggar dalam KIB,” tegas Yandri kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 19 Juli 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yandri menerangkan, komunikasi partai politik yang tergabung dalam KIB dengan partai politik lainnya bukanlah celah membangun koalisi baru. Tapi adalah sebuah upaya mengajak bergabung di dalam KIB.
 

Jika tidak bergabung dan tak sejalan, Yandri bilang KIB enggan mempermasalahkan. Sebab, KIB ingin membangun koalisi beradab dengan mengedepankan silahturahmi sesama tokoh bangsa.
 
“Enggak-enggak. Itu dalam rangka kita sesekali lagi kalo kita ada yang gabung alhamdulllah, tapi kalo gak bisa gabung kita bangun koalisi yang beradab gitu,” tegas Yandri.
 
“Silahturahmi antara parpol itu kan perlu dirawat, bukan berati kita saling meninggalkan, meniadakan, menciderai kesepakatan yang ada engga. Justru dalam rangka memperkuat kontestasi 2024,” tambahnya.

On The Track

Wakil Ketua MPR RI ini memastikan komunikasi partai politik yang berada di dalam KIB pun sangat baik. Semisalnya, di jajaran DPP partai sudah menyiapkan nama-nama yang menjadi perangkat penghubung. 
 
Ditambah lagi, kata Yandri, semisalnya di jajaran tingkat DPW, baik sayap partai dari Golkar, PAN dan PPP kerap membuat acara secara bersama. Sehingga dia bilang KIB masih dalam jalan yang lurus menyongsong Pemilu 2024
 
“Jadi saya kira masih on the track lah,” urai Yandri.
 
Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa akan ada partai lain yang akan masuk KIB.
 
Ia bilang partai yang hendak bergabung itu masih dalam proses. “Ini kami sedang dalam proses,” kata Airlangga pekan lalu.
 

(ALB)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *